Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pertahanan menandatangani Letter of Intent (LoI) pemesanan dua pesawat Airbus berjenis A400M. Pesawat ini nantinya akan digunakan TNI Angkatan Udara dalam konfigurasi multirole tanker dan transport.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pesawat ini akan menjadi aset utama karena menjalankan sejumlah misi termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat.

"Selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting untuk misi bantuan manusia dan tanggap bencana," kata Prabowo dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Kamis, 18 November.

Kontrak ini ditandatangani di sela acara Dubai Airshow 2021 dan mencakup paket dukungan pemeliharaan, pelatihan yang lengkap, dan akuisisi empat pesawat A400M di masa mendatang.

Sebagai informasi, pesawat ini pernah beberapa kali dipamerkan oleh Airbus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Maret 2017, dan Agustus 2018.

Selain itu pesawat serupa milik Angkatan Udara Prancis pernah dipakai utuk mengirim bantuan ke Lombok saat dilanda gempa bumi pada Agustus 2018 serta milik AU Malaysia pada gempa dan tsunami di Palu pada Oktober 2018.