Cerita di Balik Terjadinya Diskusi Dadakan Mega dan Prabowo di Istana
Foto istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan diskusi hangat antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Ketua DPR RI Puan Maharani sempat terjadi di sela acara pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Rabu, 17 November kemarin.

Hasto mengungkap diskusi ini berawal ketika Prabowo tiba-tiba mendatangi Megawati yang hadir di Istana Negara, Jakarta untuk mengikuti kegiatan pelantikan itu.

"Pada saat saya mendampingi Ibu Megawati, saya lihat Pak Prabowo berjalan cepat menuju tempat bu Mega. Lalu saya sampaikan ke Ibu, ada Pak Prabowo. Ibu Mega lalu menunggu, bersalam sapa dengan hangat, dan kemudian masuk ke ruangan VVIP bersama," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 18 November.

Selain dirinya, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga ikut mendampingi pertemuan kedua tokoh ini. Hasto bilang, di dalam ruangan tersebut Megawati dan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut mendiskusikan banyak hal termasuk soal pertahanan.

Diskusi soal pertahanan ini, sambung Hasto, dilakukan karena Megawati yang merupakan Guru Besar Universitas Pertahanan menaruh perhatian besar. "Dan temanya juga pas dengan momentum pelantikan Panglima TNI dan KSAD," ujarnya.

Saat diskusi berlangsung, Puan yang juga hadir di acara tersebut kemudian bergabung dan diskusi hangat terjadi. Hasto bilang ada sejumlah hal yang dibicarakan, termasuk soal dinamika politik nasional yang belakangan ini terjadi.

Hanya saja, dia tak memerinci apa saja isu politik nasional yang dibicarakan ketiga tokoh tersebut. "Mbak Puan Ketua DPR RI beberapa saat kemudian bergabung dan di situlah pembahasan berlangsung hangat," ungkap Hasto.

"Tentu saja (pembahasan, red) terkait politik kebangsaan dan berbagai dinamika politik nasional," pungkasnya.