Suami Menghilang, Ternyata Dia Pembunuh Ibu Rumah Tangga yang Tewas di Kebun Karet Labuhanbatu
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

MEDAN - Polisi mengungkap kasus pembunuhan ibu rumah tangga Halimah br Rambe (56) di Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu, Sumatera Utara. Polisi menangkap AS alias Dullah (59), suami korban. 

"Pelakunya sudah ditangkap," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Kamis, 18 November. 

Sementara itu,  Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti mengatakan tersangka ditangkap, Rabu, 17 November, saat bersembunyi di dalam pondok ladang di Dusun Talun, Desa Bandar Tinggi, Kecamatan Bilah hulu. AS sempat menghilang saat keluarga dan warga menemukan mayat Halimah di kebun.

Menuurut AKBP Anhar, pembunuhan itu didasari rasa cemburu pelaku terhadap korban. Pelaku disebut sering cekcok urusan rumah tangga. 

"Informasi yang kita terima dari Kasat Reskrim AKP Parikhesit, motif sementara cemburu terhadap korban, namun masih kami dalami lagi," kata AKBP Anhar.

Pembunuhan terjadi pada Selasa, 16 November saat pelaku dan korban berboncengan motor menuju ladang sekitar 5 km dari rumahnya. 

"Setibanya di ladang, pelaku menderes karet dan korban membersihkan rumput. Sekitar pukul 11.00 WIB, pada saat korban sedang membersihkan menggunakan parang, Pelaku meminta parang dengan berkata "Mari dulu parang itu", lalu korban menyerahkan parangnya kepada tersangka," katanya. 

Selanjutnya, pelaku mendorong korban hingga terjatuh. Pelaku membacok korban. 

"Pelaku memegangi tangan kiri korban dengan tangan kirinya. Sambil menunduk, pelaku membacok ke arah leher korban sebanyak 3 kali. Pada saat itu korban berusaha menangkis dengan tangan kanannya sehingga terdapat juga bekas luka robek terbuka pada tangan kanan korban," ucapnya. 

Usai membacok korban, pelaku kemudian menunggu hingga 10 menit untuk memastikan korban meninggal dunia. Setelah dipastikan meninggal, pelaku menutupi tubuh korban dengan potongan rumput yang berada di sekitar korban. 

"Lalu pelaku membuang parang dengan cara melemparkannya ke arah bawah jurang. Pelaku lalu mengendarai sepeda motor pulang ke rumah, berganti baju keluar kembali mengendarai sepeda motornya untuk bersembunyi," ujarnya. 

Dalam pengungkapan itu, sejumlah barang bukti seperti parang yang digunakan pelaku dan  motor juga diamankan. Saat ini, polisi masih memeriksa intensif tersangka.