Fadli Zon Singgung Soal Banjir di Sintang, Gerindra: Statement Tidak Mewakili Partai, Kami Sudah Beri Teguran
Fadli Zon (Foto: Instagram: @fadlizon)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan pihaknya telah memberikan teguran kepada anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. Hal ini dilakukan setelah Fadli menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Twitternya @fadlizon pada Sabtu, 13 November kemarin.

"Kepada beliau (Fadli Zon) sudah diberikan teguran dan kami juga meminta maaf apabila statement tersebut menimbulkan ketidaknyamanan," kata Habiburokhman dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu, 14 November.

Tak hanya itu, dirinya juga menyebut cuitan yang menanyakan kapan Preisden Jokowi datang ke Sintang, Kalimantan Barat untuk meninjau banjir bukanlah sikap partai maupun Fraksi Partai Gerindra. Habiburokhman bilang sindiran tersebut adalah sikap pribadi Fadli.

"Soal tweet Pak Fadli Zon soal Sintang, kami perlu meluruskan jika statement tersebut tidak mewakili faksi ataupun partai," tegasnya.

Meski begitu, Habiburokhman menegaskan teguran semacam ini adalah hal yang biasa jika seorang kader mengeluarkan pernyataan yang kurang tepat. Dia bahkan mengaku kerap mendapat teguran jika bicara tidak tepat sebagai juru bicara partai.

"Sebagai kader Gerindra adalah hal yang biasa bagi kami jika ditegur apabila ada statement yang kurang tepat. Saya sendiri sebagai Jubir partai sering kena teguran begitu juga rekan-rekan anggota DPR lainnya," ungkap Habiburokhman.

Diberitakan sebelumnya, Fadli Zon yang merupakan anggota Komisi I DPR RI juga duduk sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra menyindir Presiden Jokowi yang meresmikan Sirkuit Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Alasannya, saat itu, di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat tengah diterjang banjir.

Hal ini Fadli sampaikan lewat akun Twitternya, @fadlizon. Fadli bertanya kapan Jokowi akan mengunjungi Kabupaten Sintang, Kalimantan barat.

"Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sdh 3 minggu banjir belum surut," cuit Fadli yang dikutip pada Sabtu, 13 November.

Menanggapi hal ini, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bilang Jokowi sudah menginstruksikan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk memberikan bantuan pada warga terdampak banjir di Kalbar.

"Bu Risma sebagai Menteri Sosial juga sdh menerima arahan langsung dari Presiden Jokowi dan langsung bergerak, turun membantu rakyat di Kalbar. Berhari-hari di Kalbar," ucap Hasto dalam keterangannya.

Hasto pun balik menyindir Fadli Zon. Dia menganggap Anggota Komisi I DPR RI itu tak berbuat apa-apa untuk membantu warga yang sedang dilanda bencana. "Lazarus, Ketua DPD PDI Perjuangan dan sekaligus Ketua Komisi V DPR RI sudah terjun langsung membantu rakyat. Sementara Pak Fadli Zon hanya memberikan kritik tanpa perbuatan nyata," ujar mantan anggota DPR RI itu.