Ledakan Dahsyat di Beirut, 10 Orang Dilaporkan Tewas
Warga berusaha memadamkan api dari mobil yang terbakar di lokasi ledakan di Beirut, Lebanon. (REUTERS/Issam Kobeisy)

Bagikan:

JAKARTA - Ledakan besar terjadi di Beirut, Libanon. Sepuluh orang dilaporkan tewas.

Guncangan ledakan besar ini berdampak ke permukiman. Kaca-kaca rumah penduduk hancur, balkon apartemen runtuh.

Ledakan di Beirut terjadi di wilayah yang memiliki gudang-gudang menampung bahan peledak. Kantor berita resmi Libanon NNA mengatakan terdapat bahan kimia yang disimpan di daerah itu.

Rekaman ledakan yang beredar di publik melalui media sosial menunjukkan asap membubung dari distrik pelabuhan yang diikuti oleh ledakan besar. Mereka yang merekam apa yang awalnya tampak seperti kobaran api besar kemudian dikejutkan oleh ledakan itu.

Sumber medis kepada Reuters menyebut ada 10 jenazah dibawa ke rumah sakit. "Saya melihat bola api dan asap mengepul di atas Beirut. Orang-orang berteriak dan berlari, berdarah. Balkon-balkon beterbangan dari bangunan. Kaca di gedung-gedung tinggi hancur dan jatuh ke jalan," kata seorang saksi mata.

Menteri Kesehatan Libanon mengatakan kepada Reuters bahwa "jumlah korban sangat banyak". TV Al Mayadeen mengatakan ratusan orang terluka.

Seorang saksi mata dari Reuters mengatakan dirinya melihat asap abu-abu tebal di dekat area pelabuhan dan kemudian mendengar ledakan dan melihat api dan asap hitam.

"Semua jendela di pusat kota hancur dan ada orang-orang yang terluka berjalan di sekitarnya. Ini adalah kekacauan total,” kata saksi.