Perkenalkan Desa Wisata Janggalan di Kudus yang Punya Julukan Jerussalem Van Java
Bupati Kudus HM Hartopo

Bagikan:

JAKARTA - Kalau ke Kudus, Jawa Tengah, jangan lupa main ke Desa Janggalan. Sebuah tempat dengan segudang kebudayaan yang dimiliki hingga akhirnya ditetapkan sebagai desa wisata.

Kata Bupati Kudus HM Hartopo, Desa Janggalan mempunyai pesona yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.

Mulai dari peninggalan sejarah yang belum tentu memiliki daerah lainnya. Selain itu, ada berbagai perpaduan ornamen arsitektur yang dipengaruhi empat peradaban, meliputi Jawa-Hindu, Jawa-Arab, Jawa-Cina, dan Jawa-Eropa.

Sehingga, lanjut bupati, dengan perpaduan unsur budaya dan peradaban tersebut, membuat Desa Janggalan dijuluki Jerussalem dari Jawa (Jerussalem Van Java).

"Bermacam bentuk artefak dari sebuah peninggalan zaman dahulu yang sesuai dengan perpaduan unsur budayanya, termasuk rumah joglo zaman kuno dengan sentuhan ukiran khasnya, makam Mbah Djenggolo, Masjid, dan sebagainya yang masih asli bentuk artefaknya sesuai peradabanya," kata bupati dikutip dari Humas Pemprov Jateng, Kamis 11 November.

Bupati berharap, Pemerintah Desa Janggalan dapat memanage potensi tersebut dengan baik agar, dapat memberikan dampak positif bagi masyarakatnya.

“Baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya,” harapnya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan Surat Keputusan (SK) kepada empat desa yang ditetapka sebagai desa wisata klasifikasi rintisan di Kabupaten Kudus, yakni Desa Janggalan, Kauman, Karangampel, dan Kedungdowo.