Ini yang Disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jenderal Andika Perkasa Menghadapi Uji Kepatutan dan Kelayakan Hari ini di DPR RI
Jenderal Andika Perkasa/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkat Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan bahwa Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendoakan dirinya sukses menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test (FPT) sebagai calon panglima TNI yang digelar hari ini.

Andika mengatakan Hadi tidak bisa ikut mengantarnya ke Kompleks Parlemen untuk menjalani FPT, karena sedang melakukan perjalanan dinas.

"Pak Hadi dinas luar dan sudah juga mengucapkan selamat. Ya pokoknya semoga sukses gitu ya, Itu kata beliau," tuturnya, di Kompleks Parlemen, Sabtu, 6 November.

Lebih lanjut, Andika mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki persiapan khususnya untuk menghadapi FPT hari ini.

"Kita apa adanya," katanya.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menunjuk KSAD Jenderal Andija Perkasa sebagai calon Palingan TNI. Andika merupakan calon tunggal dalam pencalonan sebagai pemimpin tertinggi TNI.

Nama Andika diajukan Jokowi ke DPR pada Rabu, 3 November 2021 untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Jika nanti resmi terpilih menjadi orang nomor satu di TNI, Andika hanya akan menjadi panglima selama kurang lebih satu tahun. Pasalnya, Andika akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.