Kunjungi Korban Banjir di Tepian Kapuas Kalbar, Mensos Risma Diteriaki Warga yang Minta Baju
FOTO ANTARA/HO

Bagikan:

PONTIANAK - Menteri Sosial Tri Rismaharini menugaskan stafnya untuk tetap berada di daerah yang terkena banjir di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat (Kalbar). 

"Apakah masih dibutuhkan dapur umum dan sebagainya, nanti staf saya ada di sini (Sekadau), Sanggau, Sintang dan ada di Melawi. Staf saya ada di semua tempat," kata Risma di Sekadau dikutip Antara, Rabu, 3 November.

Namun yang penting, ditegaskan Mensos soal antisipasi agar banjir tidak menelan korban jiwa. Selain itu Mensos mendorong kajian langkah antisipasi menyeluruh agar banjir tak terulang lagi. 

Sedangkan untuk saat ini, Kemensos sudah menyiapkan logistik bagi korban banjir.

"Kita pastikan kebutuhan logistik sudah disiapkan untuk membantu korban banjir," katanya.

Disiagakan juga perahu Tagana untuk mengantar kebutuhan-kebutuhan makanan. 

"Misalnya nanti dibutuhkan dapur umum, maka nanti makanannya kita antar pakai perahu," ujar Risma.

Risma bersama Ketua Komisi V DPR Lasarus beserta rombongan dari dermaga Istana Kusuma Negara menyusuri Sungai Sekadau dan Sungai Kapuas untuk menemui warga terdampak banjir di Desa Tanjung dan Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir.

Selain mengunjungi warga, Risma juga membawa bantuan, mulai dari sembako serta perlengkapan lainnya. Pantauan di lapangan, beberapa warga juga berebut ingin mendapatkan bantuan.

"Bu, baju bu. Baju bu, satu saja. Baju bu," teriak warga yang meminta baju kepada Risma saat mengunjugi warga Desa Tanjung.

Usai menyerahkan bantuan, Risma beserta rombongan lainnya kembali ke Istana Kusuma Negara.