Diminta Dokter Beristirahat dan  Berhenti Berkuda, Ratu Elizabeth II Mengemudi Mobil di Istana Windsor
Ratu Elizabeth II. (Wikimedia Commons/Joel Rouse/Ministry of Defence)

Bagikan:

JAKARTA - Ratu Inggris Elizabeth II terekam tengah mengemudikan mobil sendiri di sekitar perkebunan Istana Windsor pada Hari Senin, beberapa hari setelah dokter memintanya beristirahat sedikitnya selama dua minggu dan tidak melakukan kunjungan resmi.

Mengenakan kacamata hitam dan penutup kepala, Ratu berada di balik kemudi. Mengutip CNN 2 November, gamabran tersebut menjadi pemandangan yang disambut baik di tengah kekhawatiran mengenai kesehatannya.

Bulan lalu, Ratu terpaksa membatalkan perjalanan ke Irlandia Utara dan menghabiskan malam di rumah sakit King Edward VII di pusat kota London, di mana dokter melakukan "tes pendahuluan" dan menyarankannya untuk beristirahat selama beberapa hari.

Pada saat itu, sebuah sumber yang dekat dengan istana mengatakan kepada CNN, Ratu Elizabeth II menginap di rumah sakit, tetapi "tidak terkait dengan COVID."

Pada Hari Jumat, Istana Buckingham mengatakan Ratu telah disarankan untuk beristirahat selama dua minggu lagi, menambahkan Ratu tetap melakukan "tugas ringan" di istana.

"Dokter Yang Mulia telah menyarankan dia harus terus beristirahat setidaknya selama dua minggu ke depan," sebut pihak istana dalam sebuah pernyataan.

"Para dokter telah menyarankan Yang Mulia dapat terus melakukan tugas ringan di meja selama ini, termasuk beberapa audiensi virtual, tetapi tidak untuk melakukan kunjungan resmi apa pun," sambung pernyataan tersebut.

Kedapatan mengemudi di perkebunan sekitar Istana Windsor, Ratu Elizabeth II dikenal suka membawa anjing Corgi-nya untuk berjalan-jalan di kawasan tersebut.

Melansir BBC, para pejabat menyebut Ratu tidak akan menghadiri Festival Peringatan tahunan di Royal Albert Hall pada 13 November, tetapi itu adalah "niat tegas" untuk menghadiri kebaktian Minggu Peringatan di Cenotaph di London pada hari berikutnya.

Berbicara pada Hari Sabtu, Perdana Menteri Boris Johnson, yang memiliki audiensi mingguan dengan Ratu, mengkonfirmasi bahwa dia telah berbicara dengan Yang Mulia dan menyebut Ratu dalam kondisi yang sangat baik.

"Dia hanya harus mengikuti saran dari dokternya dan beristirahat dan saya pikir itu yang penting. Seluruh negara mendoakan yang terbaik untuknya," sebut PM Johnson.

Diberitakan sebelumnya, Ratu Elizabeth II terpaksa menghentikan sementara hobi berkudanya. Ratu Kerajaan Inggris yang telah berusia 95 tahun, diminta untuk menghentikan hobi tercintanya pada awal September lalu, namun bertekad untuk segera kembali ke pelana, menunggang kuda kesayangannya.

Mengutip Daily Mail 29 Oktober dari The Sun, Ratu yang dikenal karena kecintaannya pada menunggang kuda dan sebagai penggemar berat balap, belum pernah menunggang kuda sejak dia mengambil liburan musim panas ke Skotlandia.

Mengutip sumber dari Kastil Balmoral, rumah liburan keluarga kerajaan Skotlandia, surat kabar tersebut melaporkan Ratu Elizabeth II 'sedikit tidak nyaman.'

"Dia suka berkuda dan itu telah menjadi bagian dari ritualnya hampir sepanjang hidupnya," kata sumber tersebut. "Dia sangat kecewa karena tidak pergi berkuda sejak awal September," sambung sumber tersebut.

Tetapi, Ratu telah menolak untuk menyerah pada hobi favoritnya, dan menurut orang dalam kerajaan yang dikutip oleh The Sun, Ratu sangat ingin kembali setelah mengambil waktu untuk beristirahat.