Barisan Musisi Berpengaruh di Edisi Pertama Apple Music Awards
Billie Eilish (Apple Music)

Bagikan:

JAKARTA - Apple Music, sebuah layanan streaming dari Apple mengumumkan daftar penerima Apple Music Awards yang digelar tahun ini. Penghargaan ini dibuat untuk mengapresiasi musisi yang telah mendominasi tangga musik serta pembicaraan tiada henti di media sosial. Meskipun tidak memiliki nominasi, Apple Music memiliki pertimbangan dalam menentukan pemenang untuk setiap kategori.

Dikutip dari blog Apple, pemenang untuk Artis Terpilih, Penulis Lagu Terpilih, dan Artis Breakthrough Terpilih dipilih khusus oleh tim editorial Apple Music secara global. Mereka mengklaim tim ini ahli di bidangnya, sehingga penghargaan dipastikan sampai kepada tangan yang pantas menerimanya. Sedangkan untuk Album Terpilih dan Lagu Terpilih ditentukan berdasarkan data streaming dari pelanggan Apple Music tentang apa yang mereka dengarkan sepanjang tahun ini.

“Pemenang bagian ini telah membangkitkan percakapan sosial, pengaruh budaya, dan menginspirasi pelanggan kami di seluruh dunia. Kami bersemangat untuk merayakannya,” tulis Oliver Schusser, direktur Apple Music.

Artis Terpilih untuk tahun ini dimenangkan oleh Billie Eilish, penyanyi berumur 17 tahun yang meraih atensi dunia berkat penampilan serta lagunya. Bad Guy adalah lagu yang membawanya hingga ke tahap sold out-nya seluruh rangkaian tur konser, menjadi headliner dalam festival skala besar seperti Coachella dan Glastonburry, serta menjadi tamu pada acara Saturday Night Live.

Penampilannya dengan pakaian gombroh dan aksesoris banyak membuat orang melirik sebelah mata. Tetapi, percayalah, Eilish adalah salah satu wanita berpengaruh untuk perempuan sebayanya dalam mengungkapkan perasaan. Apple Music menyebutnya sebagai sebuah fenomena global.

“Anda tidak hanya melanggar aturan, Anda membuktikan itu tidak ada,” Apple menulis pada video penghargaannya. 

Sementara itu, penghargaan Penulis Lagu Terpilih diberikan kepada Finneas, saudara kandung Billie Eilish. Penyanyi dan aktor ini menjadi orang di balik suksesnya lagu-lagu rilisan Eilish, seperti Wish You Were Gay, When the Party’s Over, serta Bad Guy. Tidak hanya itu, Finneas juga menulis lagu untuk penyanyi lain seperti Selena Gomez dan Camila Cabello.

Adapun album Eilish, When We All Fall Asleep, Where Do We Go? dinobatkan sebagai Album Terpilih tahun ini lantaran menjadi yang paling banyak diputar di Apple Music.

Musisi Breakthrough Terpilih versi Apple Music diserahkan kepada Lizzo, seorang rapper dan penyanyi yang memberikan angin segar bagi musik pop. Sepanjang karier musiknya, Lizzo kerap menyuarakan lagu-lagu bernada kepercayaan diri, namun lagu Juice lah yang menjadi terobosan karier penyanyi yang memiliki nama asli Melissa Jefferson ini. 

Tidak hanya itu, aksi panggung Lizzo selalu menjadi yang ditunggu. Ia bisa melakukan twerking sambil bermain seruling atau membuat sebuah aksi teatrikal di panggung.

“Anda menunjukkan kami ketika Anda mencintai diri Anda, dunia akan mencintai Anda kembali,” tulis Apple Music.

Untuk kategori Lagu Terpilih tahun ini diberikan kepada Old Town Road dari Lil Nas X. Menjadi lagu yang paling banyak di-streaming di Apple Music, lagu ini menjadi viral lantaran beragam video dari aplikasi video Tik-Tok. Old Town Road juga mengubah karier Lil Nas X.

“Saya pergi menjadi seorang koboi penyendiri, melarikan diri dari segalanya. Tetapi saya juga ingin menaruh (lagu) itu dengan apa yang sedang naik daun, yang menjadi budaya meme ditambah menjadi lagu yang mudah didengar dan menarik,” kata Lil Nas X kepada Apple Music.

Perpaduan genre country dengan rap memang menjadi nilai jual dari lagu Old Town Road, tetapi Lil Nas X menjanjikan ini tidak akan menjadikannya superstar sesaat.

Penghargaan Apple Music Awards akan diserahkan secara resmi di Steve Jobs Theater, Apple Park. Dengan penampilan khusus dari Billie Eilish, acara ini bisa disaksikan secara streaming pada 4 Desember pukul 6 malam waktu Amerika. Selamat kepada pemenang!