Bagikan:

JAKARTA – Google meluncurkan versi aplikasi dari Model Bahasa Besar (LLM) mereka, yaitu Gemini, ke perangkat Android pada awal tahun ini. Meski sudah diluncurkan, tidak semua perangkat bisa menggunakannya.

Gemini AI hanya bisa diunduh di perangkat dengan sistem Android 12 atau yang lebih baru. Sebelumnya, pengguna Android dengan sistem Android lama harus berlapang dada karena Gemini tidak kompatibel di perangkat mereka, tetapi sekarang tidak lagi.

Mengutip dari laporan 9to5google, Google diam-diam memperluas aplikasi Gemini ke sistem Android yang lebih lama, yaitu Android 10 dan Android 11. Pembaruan ini memang tidak diumumkan, tetapi terlihat di pembaruan aplikasinya.

Pembaruan syarat minimum ini terlihat di Gemini versi v1.0.626720042. Dengan perubahan kebijakan ini, pengguna dengan sistem Android 10 dan 11 bisa membuka Google Play Store di perangkat mereka dan mencari aplikasi tersebut.

tekno

Meski Gemini ditambahkan di perangkat lama, kinerja dam fungsi dari aplikasinya tidak menurun. User experience-nya sama seperti Gemini yang dijalankan di perangkat terbaru atau perangkat dengan sistem di atas Android 12.

Tidak ada masalah dalam menggunakan Gemini selama perangkat dengan sistem lama memang mendukung aplikasinya. Pengguna harus memastikan bahwa penyimpanan mereka sangat cukup dan bisa mengoperasikan aplikasi tersebut.

Meski sudah diluncurkan sejak awal tahun ini, Gemini belum tersedia di seluruh negara, termasuk di Indonesia. Belum diketahui kapan aplikasi ini akan diluncurkan di Indonesia, tetapi kita sudah bisa menggunakan versi situs web dari Gemini.