Roddy Ricch dan Taylor Swift Raih Penghargaan Apple Music Awards 2020
Taylor Swift (Instagram @taylorswift)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki tahun kedua penghargaan, Apple Music Awards memberikan apresiasi bagi para musisi berpengaruh di sepanjang tahun 2020. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia tidak menyurutkan semangat musisi untuk terus berkarya.

Lima kategori yang tersedia dipilih melalui proses editorial dan apa yang paling banyak didengarkan oleh pelanggan Apple Music.

Artist of the Year dimenangkan oleh rapper Lil Baby. Mengutip situs Apple, album My Turn yang dirilis pada tahun ini menjadikan bintang bersinar yang meramaikan industri musik rap.

“Tahun ini sangat mengubah saya. Sekarang saya sebagai artis, saya merasa suara saya bisa didengarkan melalui musik dan saya ingin berkata sesuatu. Dan penggemar saya mendengarkan,” kata Lil Baby.

Rapper Megan Thee Stallion juga meraih penghargaan untuk Breakthrough Artist of the Year. Melalui lagu WAP dan remix Savage bersama Beyonce menjadikan penyanyi dengan total streaming terbanyak. Album barunya yang baru dirilis menjadi penanda dirinya akan berkarya lebih banyak.

Di tengah para rapper, Taylor Swift dinobatkan sebagai Songwriter of the Year. Menurut Apple, album terbarunya folklore adalah masterpiece seorang Taylor Swift. Direkam selama pandemi, folklore menjadi album pop yang paling banyak didengarkan di hari perilisan.

“Memenangkan Songwriter of the Year di tahun apapun akan menyenangkan tetapi tahun ini spesial karena penulisan lagu adalah hal yang menghubungkan saya dengan penggemar,” kata pelantun Cardigan itu.

Kemudian rapper Roddy Ricch menyabet Top Song of the Year dan Top Album of the Year. Album debutnya, Please Excuse Me For Being Antisocial telah didengarkan sebanyak lebih dari 1 milyar di Apple Music. Adapun lagu The Box juga didengarkan lebih dari 460 juta kali.

“Ponsel pertama saya adalah iPhone. Ini gila di mana musik bisa membawa platform seperti Apple memberikan saya penghargaan,” kata Roddy Ricch.

Apple Music akan menyerahkan penghargaan secara resmi pada 14 Desember 2020 yang bisa disaksikan melalui Apple Music dan Apple TV.