<i>Update</i> COVID-19 per 4 April: 150 Orang Dinyatakan Sembuh dan Punya Imunitas Lawan Virus
Juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. (Foto: BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Meski jumlah kasus positif COVID-19 bertambah namun kabar baiknya mereka yang sembuh juga ikut naik. Hingga saat ini, dari total 2.092 orang yang kini dinyatakan positif mengidap virus tersebut ada 150 orang yang dinyatakan sembuh tanpa keluhan lain.

"Kita bersyukur bahwa ada 16 saudara kita yang dinyatakan sudah sembuh dengan pemeriksaan negatif, dan dua kali pemeriksaan berturut-turut sehingga bisa dipulangkan. sehingga total (yang sembuh) menjadi 150 orang," kata juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube BNPB, Sabtu, 4 April.

Mereka yang dinyatakan sembuh, Yuri bilang, tak perlu dikhawatirkan oleh masyarakat akan membawa virus COVID-19 dan menularkannya. Sebab, selain kondisinya yang sehat, mereka juga kini punya imunitas untuk melawan virus tersebut.

"Kita yakini yang 150 orang ini telah sembuh dan memiliki imunitas kekebalan terhadap virus COVID-19," ungkap dia.

Meski ada 150 orang yang kini dinyatakan sembuh dan punya kekebalan terhadap virus, namun, Yuri mengatakan ada penambahan korban meninggal dunia sebanyak 10 orang. Sehingga jika diakumulasi, maka korban meninggal saat ini mencapai 191 orang.

Dalam konferensi pers itu, Yurianto juga meminta agar masyarakat tak berpergian kemanapun, bukan hanya menghindari pergi ke kampung halaman dan tinggal di rumah untuk memutus penyebaran virus corona.

Mengingat, saat ini banyak masyarakat yang ternyata membawa virus ini dalam tubuhnya namun tak bergejala atau yang biasa disebut Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Ini menjadi potensi tinggi terjadinya penularan di tengah masyarakat, karena pada satu sisi orang tersebut tidak mengalami keluhan apapun kemudian di sisi yang lain banyak masyarakat yang masih belum melaksanakan dengan benar ketentuan pysichal distancing, menjaga jarak," jelasnya.