Spotify Bantu Artis Terdampak Pandemi COVID-19

Spotify Bantu Artis Terdampak Pandemi COVID-19

Ilustrasi (Foto: Photo Mix/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify akan membantu artis-artis yang tidak memiliki penghasilan akibat pandemi virus corona atau COVID-19. Kebijakan ini keluar setelah muncul petisi yang dimulai oleh Evan Greer, seorang musisi sidestream asal Jamaika.

Spotify membuat sebuah laman berupa marketplace bernama SoundBetter. Laman ini menyediakan artis-artis untuk dihubungkan dengan label profesional. Sehingga mereka bisa merilis lagu dengan kualitas yang bagus. Tidak hanya label, para musisi yang ada di SoundBetter juga berkesempatan mendapatkan proyek baru.

SoundTrap, situs rekaman online milik Spotify juga memberikan fasilitas uji coba satu bulan untuk mencoba rekaman dengan teknologi yang mumpuni. Musisi yang kesulitan merekam di saat seperti ini, bisa mencoba SoundTrap untuk tetap berkreasi.

Tidak berhenti dari situ, Spotify menyiapkan link penggalangan dana untuk artis yang bisa dilakukan oleh penggemar. Caranya cukup menekan link penggalangan dana yang ada di profil artis tersebut di Spotify.

Sebagai raksasa streaming musik, Spotify selalu punya cara untuk memberikan apresiasi kepada penggunanya. Mereka juga dikabarkan berdonasi ke tiga organisasi, yaitu MusiCares, PRS Foundation, dan Help Musicians, untuk membantu musisi yang kesulitan meraih penghasilan. Total yang mereka donasikan diprediksi hingga 10 juta dolar Amerika Serikat.

Sebelumnya, Greer menulis lewat actionnetwork.org jika musisi kesulitan menjalani hari-hari setelah banyaknya tur dan festival yang dibatalkan. Menurutnya, saat-saat seperti ini di mana Spotify harusnya membuat kampanye ini agar musisi tetap bisa terpenuhi kebutuhannya.

Perwakilan Spotify sempat menjawab dengan mengatakan mereka telah melakukan upaya untuk peningkatan dana musisi. Walaupun mereka tidak pernah mengatakan jumlah pasti, namun mereka meyakinkan, musisi tetap mendapatkan royalti sesuai dengan produksinya.