Peringatan dari Erick Thohir ke Perusahaan Swasta Mitra BUMN: Jangan Mengakali, Harus Sama-Sama Untung!

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan dirinya tidak ingin BUMN menjadi seperti menara gading. Karena itu, dirinya memastikan BUMN akan terus bekerja sama dengan swasta maupun Pemda. Meski begitu, ia meminta kerja sama tersebut harus saling menguntungkan atau win-win dengan proses bisnis yang baik.

Lebih lanjut, Erick meminta dalam praktiknya, pihak swasta yang menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan BUMN untuk tidak bermain curang.

"Saya juga minta para swasta yang ber-partner dengan BUMN jangan ngakali. Harus win-win," ucapnya dalam acara 'Launching Produk Bersama Warung Pangan' secara virtual, Kamis, 16 September.

Erick mengatakan, di era sekarang ini sudah sangat transparan dengan digitalisasi. Apalagi COVID-19 sendiri telah memaksa perusahaan-perusahaan untuk bertransformasi ke era digital.

"COVID memaksa digitalisasi terjadi. Artinya transparansi dan pasar terbuka," katanya.

Selain itu, Erick juga menekankan segala bentuk proyek baik antara sesama BUMN maupun dengan swasta jangan sampai menimbulkan tindak korupsi.

"Saya tidak mau ada oknum BUMN yang mana selama ini sering terjadi tindak korupsi karena project based bukan bisnis proses yang baik," tuturnya.