Sudah Tahu Kalau WhatsApp Bakal Punya Beragam Fitur Baru

JAKARTA - WhatsApp menambah sejumlah fitur baru di platform-nya. Beberapa di antaranya akan sangat memanjakan pengguna layanan pesan instan ini, seperti fitur stiker animasi, kode QR, dark mode untuk WhatsApp versi web dan desktop, 

Pembaruan ini akan dirilis secara serempak untuk pengguna WhatsApp di Android maupun iOS, dalam beberapa minggu ke depan. Bahkan WhatsApp juga menghadirkan pembaruan aplikasi untuk pengguna feature phone yang menggunakan KaiOS.

"Kami senantiasa fokus pada usaha dalam menyediakan cara yang simpel, andal, dan privat bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Terlebih lagi, kami juga terus memperbarui desain produk untuk memastikan WhatsApp selalu menjadi media penghubung yang paling bermanfaat bagi siapa pun, di mana pun," terang WhatsApp dalam keterangan resminya, Jumat, 3 Juli.

Fitur pertama yang akan dihadirkan WhatsApp adalah QR Code. Di mana pengguna bisa menambah kontak baru tanpa perlu mengetik nomor, melainkan dengan memindai kode unik yang ada di akun WhatsApp.

Fitur lain yakni, Stiker Animasi yang akan membuat komunikasi antar pengguna WhatsApp lebih menyenangkan dan ekspresif. Tak ketinggalan mode gelap atau dark mode, juga dihadirkan bagi pengguna WhatsApp Web maupun desktop. 

Whatsapp juga melakukan pembaruan untuk fitur video call grup. Ketika ingin fokus ke layar peserta tertentu saat panggilan video grup, pengguna bisa menekan dan menahan video peserta tersebut untuk memaksimalkan videonya ke layar penuh. Hal ini sama seperti tampilan video conference Zoom atau Google Meet.

Terakhir, WhatsApp juga menambahkan fitur 'Status' bagi pengguna feature phone yang menggunakan KaiOS. Kini bisa menikmati fitur populer yang berbagi status terbaru mereka, yang akan hilang setelah 24 jam.