Sekum Persipura Blak-blakan Sebut Indra Sjafri Pemicu Kekisruhan PSSI dengan Shin Tae-yong

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia terlibat polemik dengan Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kekisruhan ini pun melibatkan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, yang notabene adalah mantan asisten Shin Tae-yong.

Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Rocky Babena menilai, sosok Indra Sjafri adalah pemicu dari kekisruhan ini. Dia juga menyatakan, Indra Sjafri yang sebenarnya tak yakin dengan pemain lokal untuk berkiprah di Piala Dunia U-20 nanti. 

"Menurut saya, pemicu kekisruhan (PSSI) dengan Shin Tae-yong ada pada Indra Sjafri," kata Rocky dalam bincang-bincang di akun YouTube I'm GenZ Official.

Rocky kemudian menyarankan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, untuk lebih menyari saran dan masukan dari orang-orang di sekitarnya. Rocky khawatir, ada kepentingan pribadi yang justru membuat federasi bekerja tidak pada prinsipnya.

"Lalu menyatakan hal yang sebenarnya tidak penting,"

Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Rocky Babena
 

Salah satu yang jadi sorotan adalah pembentukan Satuan Tugas Timnas Indonesia. Menurutnya, pembentukan Satgas ini tak terlalu penting. Justru, tim yang diketuai Syarif Bastaman ini bisa membuat tugas Shin Tae-yong semakin rumit.

Rocky juga mengomentari penolakan PSSI terhadap rencana Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan (TC) di Korea atau negara lain. Menurutnya, TC di luar negeri bermanfaat untuk menguji level kemampuan pemain timnas.

"Nantinya itu yang akan jadi bahan evaluasi untuk kita ke Piala Dunia. Kira-kira di sana kita nanti seperti apa. Itu (TC luar negeri) yang jadi ukuran," tegasnya.

Dia kemudian menunjukkan dukungannya terhadap Shin Tae-yong. Di mata Rocky, pelatih asal Korea Selatan itu sudah punya pengalaman dan kemampuan yang mumpuni. Salah satu bukti nyata adalah membawa Korea Selatan berkiprah di Piala Dunia.