Disneyland Hong Kong Kembali Dibuka dalam Hitungan Hari

JAKARTA - Taman bermain Disneyland Hong Kong direncanakan buka kembali pada 18 Juni setelah pagebluk COVID-19 memaksanya tutup pada akhir Januari lalu. Dengan catatan, protokol kesehatan tetap diterapkan. Sementara, otoritas Hong Kong pun masih belum membuka sepenuhnya pembatasan pencegahan COVID-19 di sana.

Mengutip Worldometers, sejak pertengahan April hingga sekarang rata-rata kasus COVID-19 per hari tidak mencapai lebih dari sepuluh orang. Dalam beberapa hari bahkan sempat tidak ada penambahan kasus.

Total kasus virus corona baru di Hong Kong mencapai 1.110 orang dan empat kematian. Karena jumlah kasus yang sudah tergolong sedikit, maka sudah rencana pembukaan tempat umum akan mulai diberlakukan.

Selain membuka wahananya, mengutip Channel News Asia, Disneyland juga akan mulai membuka sebagian tempat perbelanjaan dan restoran. Mereka kembali beroperasi dengan jumlah pengunjung yang dibatasi. Penerapan pembatasan jarak fisik wajib diberlakukan pada antrean dan fasilitas lainnya. Selain itu, layanan hotel juga akan dilanjutkan secara bertahap. 

Agar bisa memasuki Disneyland, pengunjung wajib mendaftar terlebih dahulu dan syaratnya mereka harus punya surat kesehatan. Penyemprotan disinfektan juga akan dilakukan sesering mungkin, lalu hand sanitizer akan disediakan untuk pengunjung yang telah diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu dan menggunakan masker tentunya.

Disneyland Hong Kong merupakan perusahaan patungan antara Walt Disney Co dan pemerintah. Diketahui, pemerintah memiliki 53 persen saham sedangkan sisanya milik si empunya konsep.

Sementara itu Disneyland di Shanghai sudah dibuka lebih dulu pada bulan Mei lalu. Taman bermain serupa, Ocean Park juga telah kembali pada Sabtu kemarin. 

Di tengah banyaknya pencabutan pembatasan ini, namun perbatasan Hong Kong hampir sepenuhnya ditutup. Aturan pembatasan pertemuan kelompok juga masih dibatasi sebanyak delapan orang.