Trabzonspor Dilarang Tampil di Kompetisi Eropa

JAKARTA - Pemimpin Liga Super Turki, Trabzonspor, diganjar larangan bermain di kompetisis Eropa karena melanggar peraturan Financial Fair Play.

UEFA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, 3 Juni, klub ini gagal memenuhi persyaratan perjanjian penyelesaian keunganan tahun 2016 yang mengharuskan mereka untuk mencapai titik impas.

Badan Pengendali Keuangan Klub (CFCB) UEFA mengonfirmasi larangan itu akan diterapkan jika klub tersebut lolos ke Liga Champions atau Liga Eropa dalam dua musim berikutnya.

"CFCB memutuskan bahwa Trabzonspor gagal memenuhi target tahun fiskal 2019 tersebut," tulis pernyataan di laman resmi UEFA.

"Dengan demikian, CFCB meminta agar klub itu dilarang tampil dalam satu kompetisi UEFA jika lolos di musim 2020/21 dan 2021/22," demikian lanjut pernyataan tersebut.

Musim ini, Trabzonspor ambil bagian dalam fase kualifikasi Liga Europa tetapi tersingkir di putaran ketiga di tangan klub Republik Ceko, Sparta Praha.

Di kompetisi domestik, Trabzonspor saat ini memimpin klasemen sementara Liga Super berbekal keunggulan head to head atas Istanbul Basaksehir yang sama-sama mengoleksi 53 poin.

Dengan demikian, jika di pengujung musim Trabzonspor keluar sebagai juara Liga Super Turki maka jatah satu tiket fase grup Liga Champions 2020/21 akan dialihkan ke tangan tim peringkat kedua.

>