Harga Ethereum Capai Rp40 Juta dan Akan Semakin Menggila

JAKARTA – Harga Ethereum (ETH) mengalami kenaikan hingga mencetak rekor all time high yakni Rp 40 juta pada beberapa hari terakhir. Harga tersebut diprediksi akan terus meroket lebih tinggi lagi.

Meroketnya harga Ethereum telah mencapai lebih dari 10 kali lipat dari sebelumnya. Padahal pada tahun lalu, Ethereum berada pada harga Rp 32 juta. Kenaikan ini disebabkan oleh European Investment Bank (EIB) yang menerbitkan obligasi digital melalui teknologi blockchain Ethereum.

“Kenaikan harganya terjadi karena EIB membuat jaringan obligasi digital di jaringan blockchain Ethereum. EIB dikabarkan berencana menerbitkan obligasi 100 juta Euro,” ungkap CEO Indodax, Oscar Darmawan dalam sebuah pernyataan.

Oscar mengungkapkan bahwa Ethereum merupakan altcoin yang sudah mempunai fundamental kuat dan utilitas terbaik sampai kini. Ethereum mempunyai fungsi sebagai wadah untuk kelahiran aset kripto baru dan juga jaringan blockchain baru.

“Jaringan Ethereum adalah jaringan yang paling banyak digunakan. Fundamental serta utilitas Ethereum memang baik. Sehingga Ethereum adalah aset kripto terpopuler nomor dua setelah Bitcoin atau altcoin terbaik yang ada hingga saat ini,” tambahnya.

Kapitalisasi pasar Ethereum juga telah mencapai 311 miliar dolar AS. Nomor dua setelah kapitalisasi pasar Bitcoin. Volume ETH juga telah menyentuh 33 miliar dolar AS.

Tren positif harga ETH ini diprediksi akan terus berkelanjutan apabila sejumlah bank lain mengkuti langkah yang dilakukan EIB. Hal ini merupakan salah satu faktor yang bisa mendorong naiknya harga Ethereum.

Faktor lain yang bisa mendorong harga ETH adalah pengembangan teknologinya sendiri. Ethereum sendiri tengah dalam proses pengembangan untuk mengatasi kelemahannya sendiri. Hal itu terbukti dengan adanya upgrade untuk Ethereum 2.0 agar ETH mempunyai jaringan cepat dan fee yang lebih murah dari sebelumnya.

“Selain itu, pada pertengahan tahun ini, Ethereum akn Upgrade EIP-1559, di man akan banyak Ethereum akan di burn. Sepertiyang kita tahu, burn kemungkinan besar menyebabkan harga aset kripto meningkat bahkan hingga ratusan kali lipat,” kata Oscar.

Meroketnya harga ETH merupakan simbol dari bangkitnya altcoin. Hal ini menandakan harga altcoin mengalami kenaikan. Meskipun demikian, harga bitcoin merosot pada beberapa hari terakhir ini.

“Pada saat bitcoin masih belum kembali ke harga tertinggi, atau masih berkisar di harga Rp 800 jutan, ini meang penurunan yang biasa terjadi. Saat itu, Ethereum tetap bertahan di level Rp 33 hingga 39 jutaan. Kini Ethereum sudah memuncaki harga tertingginya. Dan altcoin lain uga sudah menunjukkan pemulihan harga, sepertinya siap memuncaki harga tertingginya masing-masing,” ungkap Oscar.