Facebook Punya Sparked, Aplikasi Kencan Online Mirip Tinder

JAKARTA - Pandemi membuat pengembangan teknologi mengalami percepatan. Zoom hadir sebagai solusi awal bagi masyarakat yang ingin tetap terhubung dan berkomunasi. Kemudian aplikasi dating hadir menawarkan chat video sehingga para pencari teman kencan bisa berpetualang selama pembatasan sosial.

Kini, semakin banyak platform yang memfokuskan layanannya pada percakapan video. Dan berdasar temuan The Verge, Facebook diketahui sedang menguj coba aplikasi kencan bikinannya yang diberi nama Sparked.

Platform Sparked dikembangkan oleh tim New Product Experimentation (NPE) milik perusahaan. Dan ini bukanlah aplikasi dating pertama yang diluncurkan Facebook. Soalnya, tahun 2019 lalu, NPE juga meluncurkan layanan sejenis yang diberi nama Tuned.

Minim Fitur, Fokus Pada Kencan Saja

Kali ini, tim NPE menawarkan inovasi dalam bentuk aplikasi dating. Anda tidak akan menemukan pesan privat dalam jumlah ratusan, seperti yang umumnya ditemui pengguna Tinder, Badoo, atau TanTan.

Mengutip keterangan pada situs resmi Sparked, aplikasi ini tidak akan menyediakan profil publik. Pun dalam hal memilih calon pasangan, Anda tidak perlu mengusap layar hingga menemukan yang paling tepat.

Anda cukup mendaftar dalam daftar tunggu pengguna aplikasi. Di dalamnya, Anda akan diminta untuk mengisi pertanyaan seputar diri dan pilihan personal. Contohnya seperti pertanyaan tentang umur, preferensi gender dari teman kencan, serta lokasi.

Usai menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda cukup login pada platform menggunakan akun Facebook. Sehingga, Anda tidak perlu repot bikin akun baru.

Alih-alih memilih profil dan akun secara manual, Sparked akan langsung menghubungkan Anda dengan pasangan dalam ruang percakapan video. Selama empat menit, Anda dan pasangan bisa saling menyelami kepribadian.

Jika Anda mendapati pasangan yang menarik, Anda bisa mengatur ulang percakapan dengan durasi 10 menit. Dan dari percakapan tersebut, Anda bersama pasangan bisa menentukan mau dibawa ke mana hubungan online yang baru saja berjalan.

Menekankan Kejujuran

Berdasarkan uraian Facebook, Sparked merupakan aplikasi kencan yang menekankan kejujuran. Tujuannya tentu saja agar layanan dari platform ini bisa dipakai secara aman oleh siapa saja.

Saat proses mendaftar, Anda akan diminta untuk menjaga keamanan selama komunikasi virtual. Di samping itu, Anda juga harus menjelaskan “apa yang membuat Anda jadi teman kencan yang baik”.

Nantinya, calon pasangan akan meninjau jawaban Anda. Jika dirasa cocok, Sparked akan mengatur kencan singkat antara pengguna dengan siapa pun sesuai. Pencarian calon pasangan juga sudah disesuaikan agar relevan dengan pilihan Anda.