Kenang Pangeran Philip Mountbatten, Ini Kata Pangeran Charles hingga Pangeran Edward

JAKARTA - Ratu Elizabeth II dan mendiang Pangeran Philip Mountbatten menikah pada tahun 1947. Keduanya dikarunia 3 putra dan 1 putri, berturut-turut, Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward. 

Keempatnya berterima kasih dan mengapresiasi duka cita dan penghargaan yang diberikan terhadap Pangeran Philip yang wafat pada Jumat pekan lalu pada usia 99 tahun.

Melansir Reuters Senin 12 April, berikut kenangan keempat anak Pangeran Philip Mountbatten, Duke of Edinburgh dari pernikahannya dengan Ratu Elizabeth II.

Pangeran Charles

Sebagai anak tertua, Pangeran Charles menilai sang ayah Pangeran Philip Mountbatten telah memberikan pengabdian yang luar biasa kepada ratu, keluarga kerajaan, negara dan Persemakmuran. 

Menyebut ayahnya sebagai sosok istimewa, Pangeran Charles kagum dan berterima kasih atas reaksi dan segala hal menyentuh yang diungkapkan terkait sang ayah. Ia menyebut keluarganya sangat berterima kasih. 

“Itu akan menopang kita dalam kehilangan khusus ini dan pada saat-saat yang sangat menyedihkan ini," ujar Pangeran Charles.

“Seperti yang dapat Anda bayangkan, keluarga saya dan saya sangat merindukan ayah saya. Dia adalah sosok yang sangat dicintai dan dihargai dan selain dari apa pun. Saya dapat membayangkan, dia akan sangat tersentuh oleh jumlah orang lain di sini dan di tempat lain di seluruh dunia dan di Persemakmuran, yang juga menurut saya, ikut merasakan kehilangan dan kerugian kita," pungkas pemilik gelar Prince of Wales ini.

Putri Anne

Sebagai anak kedua dan putri satu-satunya, Putri Anne menyebut sang ayah meninggalkan warisan yang bisa menginspirasi semua orang. Menurutnya, keluarga sangat menghargai pesan dan kenangan dari berbagai pihak yang hidupnya disentuh Pangeran Philip.

"Anda tahu itu akan terjadi tetapi Anda tidak pernah benar-benar siap. Ayah saya telah menjadi guru saya, pendukung saya, dan kritik saya. Tetapi, kebanyakan itu adalah teladannya tentang kehidupan yang dijalani dengan baik dan pelayanan secara bebas yang paling ingin saya tiru," kata Putri Anne.

Dikatakan olehnya, Pangeran Philip untuk memperlakukan setiap orang sebagai individu dengan kemampuannya sendiri, dengan keterampilan mereka sendiri datang.

"Saya menganggapnya sebagai suatu kehormatan dan hak istimewa telah diminta untuk mengikuti jejaknya. Merupakan suatu kesenangan untuk membuatnya tetap berhubungan dengan aktivitas mereka. Saya tahu betapa dia sangat berarti bagi mereka, di Inggris, di seluruh Persemakmuran dan di dunia yang lebih luas," ucap Princess Royal ini. 

Pangeran Andrew:

Pangeran yang merupakan anak ketiga sekaligus putra kedua ini menyebut, keluarganya mengalami kehilangan yang luar biasa atas wafatnnya Pangeran Philip Mountbatten. Pihak keluarga berterima kasih atas penghargaan dan belasungkawa yang diterima keluarga atas meninggalnya sang ayah.

"Dia adalah pria yang luar biasa. Saya mencintainya sebagai seorang ayah. Sungguh kerugian besar, saya pikir cara saya mengatakannya adalah kita hampir kehilangan kakek bangsa. Dan saya merasa sangat menyesal dan mendukung ibu saya yang mungkin merasakannya lebih dari orang lain," ungkap Pangeran Andrew.

“Ratu seperti yang Anda harapkan adalah orang yang sangat tabah, dan dia menggambarkan kematiannya sebagai keajaiban. Dan dia merenung, menurut saya begitulah yang saya katakan. Dia menggambarkannya sebagai telah meninggalkan kekosongan besar dalam hidupnya. Tetapi kami, keluarga, orang-orang yang lebih dekat, berkumpul untuk memastikan bahwa kami ada di sana untuk mendukungnya," tukas pemilik gelar Duke of York ini.

Pangeran Edward:

Seperti halnya sang kakak Putri Anne, Pangeran Edward mengakut terkejut dengan wafatnya sang ayah Pangeran Philip Mountbatten, kendari mengaku sudah bersiap dengan hal-hal seperti ini. 

"Ini sedikit mengejutkan, betapapun banyak orang mencoba mempersiapkan diri untuk sesuatu seperti ini, itu masih merupakan kejutan yang mengerikan dan kami masih mencoba untuk menerima itu, dan itu sangat, sangat menyedihkan," katanya.

Dikatakannya, suatu penghargaan dan penghormatan yang luar biasa, serta kenanganan yang dimiliki dan dibagiakan banyak orang tentang mendiang Pangeran Philip Mountbatten, sangat fantastis.

"Dia mungkin ayah, kakek, ayah mertua kami, tapi dia sangat berarti bagi banyak orang lain," tutur Earl of Wessex ini.