5 Maskapai Penerbangan yang Punya Standar Penyajian Makanan Terbaik dan Enak di Dunia

JAKARTA - Makan di pesawat bagi sebagian orang ternyata tak sekadar pengganjal perut. Tetapi juga menjadi momen menikmati makanan. Maka tak heran, sajian dari maskapai penerbangan menjadi penilaian tersendiri.

Berangkat dari kebutuhan itu, maskapai penerbangan berlomba-lomba untuk menyajikan makanan lezat untuk para penumpang. Dalam Global Tastemaker Awards tahun 2024, Emirates dinobatkan sebagai maskapai penerbangan terbaik untuk makanan dan minuman, naik dua peringkat dari tahun 2023.

Pengalaman bersantap saat penerbangan merupakan bukti dari selera wisatawan yang terus berkembang dan komitmen industri penerbangan untuk memenuhi permintaan penumpang.

Perubahan pada tahun 2024 tidak hanya tentang rasa, tetapi juga kesehatan. Maskapai penerbangan semakin banyak memasukkan makanan nabati ke dalam menu. Hal ini sebagai bentuk menanggapi permintaan yang meningkat akan pilihan yang ramah lingkungan dan sadar kesehatan.

Tahun ini juga terlihat penekanan penting pada transparansi, dengan menu yang mencantumkan pemasok bahan-bahan, yang menawarkan penumpang wawasan yang jelas tentang kualitas dan asal makanan tersebut.

Berikut adalah maskapai penerbangan untuk makanan terbaik dan terenak di dunia berdasarkan Tastemaker Awards, seperti dari laman Food & Wine pada Jumat, 25 Oktober 2024.

1. Emirates

Naik dua peringkat dari tahun lalu, Emirates kini menduduki puncak sebagai maskapai untuk makanan terbaik dan terenak di dunia. Maskapai milik Uni Emirat Arab (UEA) ini telah lama menonjol, karena santapan dalam pesawatnya yang luar biasa.

Para koki selalu memadukan inovasi kuliner dengan cita rasa khas. Tahun ini, maskapai ini layak menjadi peringkat pertama dengan hidangan vegan mewah, seperti biryani nangka hingga makanan klasik lainnya.

Makanan enak ini tak hanya disajikan untuk kelas bisnis dengan penyajian mewah maupun menu paneer makhani di kelas ekonomi. Emirates memastikan kualitas dan variasi di setiap kelas penerbangan.

Ilustrasi pesawat (Pexels/Miguel Cuenca)

Makanan penutup yang memanjakan dari maskapai ini, seperti kue truffle cokelat. Lalu, ada minuman anggur dan minuman enak lainnya, termasuk Chandon bersoda di Kelas Ekonomi Premium. Hal ini meningkatkan pengalaman berharga bagi penumpang. Perpaduan dari berbagai penawaran dan perhatian terhadap detail ini menempatkan Emirates di posisi pertama.

2. Turkish Airlines

Turkish Airlines memberikan pengalaman seru bagi penumpang yang bersantap di dalam pesawat. Turkish Airlines juga menawarkan pengalaman menyantap makanan yang mewah di atas awan.

Menu tersebut mencakup makanan pembuka khas Turki dan hidangan panggang lezat, seperti kebab Adana. Para pecinta roti sangat senang dengan variasi baru, termasuk sourdough dan sesame pita.

Tak ketinggalan, Kelas Ekonomi mendapatkan sandwich gourmet panas yang diracik dengan cita rasa unik, seperti pesto dan Girit ezme.

3. Singapore Airlines

Singapore Airlines membawa pengalaman bagi penumpang yang bersantap di ketinggian 30.000 kaki. Tekanan di tempat tinggi dapat mengubah persepsi rasa, hal ini menjadi tugas koki untuk bisa menyajikan dengan takaran cermat sehingga makanan tetap lezat.

Seperti yang dilakukan Singapore Airlines, mereka melakukan simulasi untuk memastikan makanan terasa lezat di ketinggian. Maskapai ini memiliki layanan "Book the Cook", sehingga penumpang premium pada penerbangan tertentu dapat memesan makanan yang tak tersedia di dalam pesawat.

4. Cathay Pacific

Cathay Pacific memiliki keunggulan dengan menyajikan makanan sehat dan tetap mewah. Di dalam pesawat, Anda dapat menyeruput kopi yang baru diseduh di atas ketinggian.

Sementara itu, penumpang kelas satu dapat menikmati kaviar yang disajikan di sendok mutiara yang elegan. Segala hal tentang pengalaman di dalam pesawat adalah perpaduan antara cita rasa yang istimewa.

5. Qatar

Meskipun Qatar Airways kehilangan posisi teratas tahun ini, maskapai ini masih menjadi salah satu pilihan teratas karena berbagai alasan. Pertama, Anda dapat menikmati makanan sesuai jadwal.

Maskapai ini menyediakan menu à la carte sesuai permintaan maskapai di kelas utama dan bisnis, seperti roti panggang segar, salad burrata, atau dua potong daging domba. Selain itu, penumpang Kelas Bisnis juga memberikan tawaran berbagai hidangan berbahan nabati.