Soal Biaya Tambahan Pilih Kursi, Bos Garuda: Dikenakan buat Pemesanan Lebih Awal

JAKARTA - Garuda Indonesia buka suara terkait dengan biaya tambahan untuk memilih kursi di pesawat yang dikenakan kepada penumpang kelas ekonomi penerbangan domestik. Adapun kebijakan ini akan berlaku mulai besok, Sabtu, 26 Oktober.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan biaya tambahan ini dikenakan hanya untuk penumpang yang telah merencanakan penerbangan lebih awal. Artinya, biaya tambahan dikenakan kepada penumpang yang ingin memilih kursi sebelum proses check-in dibuka.

“Kami terus menghadirkan berbagai nilai tambah layanan penerbangan bagi Anda dalam merencanakan perjalanan bersama Garuda Indonesia. Nilai tambah tersebut yang kami hadirkan melalui fleksibilitas pilihan kursi penerbangan favorit penumpang yang dapat dipilih jauh jauh hari sebelum proses check-in dilakukan,” kata Irfan dalam keterangan resmi, Jumat, 25 Oktober.

Irfan menekankan bagi penumpang yang ingin memilih kursi saat proses check-in telah dibuka, yakni 48 jam sebelum waktu penerbangan, tidak akan dikenakan biaya tambahan.

“Dapat kami pastikan dengan diperkenalkan program ini, kesempatan untuk melakukan pemilihan kursi penerbangan tanpa dikenakan biaya masih tetap dapat diakses ketika waktu proses check-in berlangsung, yang dalam hal ini 48 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan,” tuturnya.

Pemilik GarudaMiles Platinum Tak Dikenakan Biaya Tambahan

Irfan mengungkapkan penumpang Garuda Indonesia kelas ekonomi yang tergabung ke dalam keanggotaan GarudaMiles Platinum, SkyTeam Elite Plus, maupun pemegang tiket kelas Eco Comfort dapat memilih kursi pilihan tanpa tambahan biaya apapun.

“Garuda Indonesia tetap memastikan bahwa aspek keselamatan dan keamanan penerbangan pada program fleksibilitas pemilihan kursi, khususnya pada aspek ketentuan pengguna jasa yang dapat duduk pada seat/area seat yang dipilih telah mengacu kepada standardisasi dan regulasi safety operasional penerbangan yang berlaku,” ucap Irfan.

Terkait dengan biaya tambahan, Irfan bilang penumpang Garuda Indonesia khususnya pemegang tiket Eco Promo dan Eco Affordable berkesempatan untuk memilih kursi dengan ruang kaki atau legroom lebih luas di area first row, dan kursi di baris pintu darurat (emergency exit row) dengan biaya mulai dari Rp199.000.

Selain itu, Irfan juga mengatakan pemegang tiket Eco Promo juga dapat memilih preferensi kursinya di regular Seat dengan biaya tambahan mulai dari Rp85.000.

“Kami memahami momen menikmati waktu perjalanan Anda bersama keluarga, orang terdekat serta beragam rangkaian perjalanan Anda dengan menggunakan layanan penerbangan Garuda Indonesia menjadi sebuah momen yang selalu dinantikan,” ucap Irfan.