Bagikan:

JAKARTA - Maskpai penerbangan United Airlines menghadirkan fitur peta kursi baru, yang akan membantu keluarga dengan anak-anak di bawah 12 tahun untuk menemukan kursi bersama secara gratis, demikian diumumkan oleh maskapai penerbangan tersebut.

Fitur ini akan tersedia untuk tiket Ekonomi. Teknologi peta kursi yang baru ini akan secara dinamis menemukan kursi Ekonomi yang berdekatan yang tersedia pada saat pemesanan dan membuka upgrade gratis ke kursi lain yang tersedia sesuai kebutuhan, kata maskapai tersebut.

Jika kursi yang berdampingan tidak tersedia, pelanggan akan dapat beralih ke penerbangan lain ke tujuan mereka dengan kursi yang berdekatan di kabin yang sama secara gratis. Tidak ada perbedaan harga yang akan dikenakan dalam kasus seperti itu, kata United dalam sebuah rilis berita, dilansir dari CNN 30 Maret.

CEO United Airlines Scott Kirby mengakui adanya frustasi keluarga yang tidak mendapatkan tempat duduk dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

"Sebagai ayah dari tujuh anak, saya memahami hal ini dan telah duduk jauh dari anak-anak kami dalam banyak penerbangan," ungkap Kirby.

United percaya bahwa kebijakan baru ini akan "menghilangkan banyak tekanan dari proses di muka. Jadi, Anda memesan tiket, Anda tahu bahwa Anda mendapatkan tempat duduk, daripada harus menunggu untuk sampai ke bandara dan menyilangkan jari dan berharap Anda bisa mendapatkan tempat duduk (di sebelah anak Anda)," katanya.

Kursi United Polaris, Kelas Utama dan Ekonomi Plus tidak termasuk dalam perubahan kebijakan tempat duduk keluarga yang baru.

Pilihan kursi yang lebih berdekatan akan segera tersedia di United Airlines. Perubahan kebijakan secara keseluruhan mulai berlaku pada awal Maret, kata maskapai tersebut.

Diketahui, Pelanggan maskapai penerbangan AS telah lama mengeluhkan tempat duduk yang memisahkan anak kecil dari orang tua mereka dalam penerbangan dan biaya tambahan yang terkait dengan pembelian kursi untuk duduk bersama.

Presiden Biden menyampaikan upaya pemerintah untuk menekan biaya-biaya tersebut dalam pidato kenegaraan Bulan Februari, dengan menggembar-gemborkan Undang-Undang Pencegahan Biaya Sampah yang juga akan menargetkan biaya resor dan biaya tiket konser.

"Biaya bagasi sudah cukup buruk, mereka tidak bisa memperlakukan anak Anda seperti barang bawaan," kata Presiden Biden dalam pidatonya.

Sebelumnya, Departemen Transportasi meminta maskapai penerbangan AS untuk menyediakan tempat duduk bagi anak-anak di samping orang dewasa yang mendampingi tanpa biaya tambahan, dalam pengumuman Juli 2022.

Terpisah, Kelompok advokasi American Economic Liberties Project memuji kepemimpinan Presiden Biden dalam masalah ini dan meminta pemerintah untuk secara permanen mengakhiri biaya kursi keluarga.

"Di bawah pengawasan ketat, United kini secara terbuka mengakui bahwa biaya tempat duduk keluarga merupakan masalah - sesuatu yang disangkal oleh banyak maskapai penerbangan AS lainnya. Namun, masalahnya ada pada rinciannya, dan meskipun tindakan sukarela United mungkin terbukti membantu, namun hal itu bukanlah pengganti peraturan pemerintah," terang William McGee, peneliti senior di bidang penerbangan dan perjalanan di American Economic Liberties Project, dalam sebuah pernyataan.

Sebagai pembanding, Delta Air Lines mengatakan, mereka "tidak membebankan biaya tempat duduk keluarga dan terlepas dari kelas tiket yang dibeli, akan selalu bekerja sama dengan pelanggan berdasarkan kasus per kasus untuk memastikan kebutuhan tempat duduk keluarga mereka terpenuhi."

Situs web Delta menyebut kursi keluarga "berdasarkan permintaan," dan merujuk penumpang yang tidak dapat memperoleh kursi melalui situs web atau aplikasi seluler maskapai untuk menghubungi Reservasi. Teknologi peta kursi Delta memblokir beberapa area untuk tempat duduk keluarga hingga 48 jam sebelum penerbangan.

Sementara, maskapai American Airlines menawarkan tips pemesanan di situs webnya untuk keluarga yang bepergian dengan anak di bawah 15 tahun, dengan catatan bahwa "semakin jauh sebelumnya Anda memesan, semakin baik."

Sedangkan maskapai Southwest Airlines, yang tidak memiliki tempat duduk khusus, keluarga dengan anak-anak berusia 6 tahun atau lebih muda diizinkan untuk naik lebih awal - tepat setelah kelompok penumpang "A". Situs web maskapai ini juga menawarkan opsi EarlyBird Check-in dengan biaya tertentu yang dapat menghasilkan posisi boarding kelompok "A".