Notion Akan Luncurkan Aplikasi Pengelola Email Berbasis AI

JAKARTA – Notion, pengembang perangkat lunak yang berdiri sejak 2013, memperkenalkan aplikasi baru yang disebut Mail. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola dan menyaring email. 

Menurut Notion, aplikasi email berkembang dengan lambat dan tidak mengikuti zaman sehingga kinerja dan produktivitas penggunanya bisa terganggu. Salah satu masalah yang Notion soroti adalah konteks email yang tercampur dan sulit dipisahkan.

Saat pengguna hanya memiliki satu akun email, berbagai jenis pesan akan masuk ke akunnya. Apa pun jenis pesannya, mulai dari kebutuhan kantor, undangan pesta, hingga promosi, seluruh pesan akan menumpuk di satu tempat dan bisa menjadi spam.

"Alih-alih harus berhadapan dengan gelombang pesan yang bertubi-tubi, email seharusnya terasa seperti kemudi yang dapat diandalkan yang membantu Anda menavigasi arus pekerjaan—lamaran pekerjaan, pembaruan proyek, rapat mendatang," kata Notion.

Berbeda dengan aplikasi email lainnya, Notion Mail dapat disesuaikan jenis pesannya berkat Artificial Intelligence (AI). Tampilan utama dari aplikasi ini dapat mengatur kotak masuk berdasarkan alur kerja sehingga pengguna bisa mengakses jenis email tertentu dengan mudah. 

"Jadi, jika misalnya Anda mencoba merekrut seseorang, Notion Mail secara otomatis mengelompokkan email tersebut ke dalam 'rekrutmen' dan menyediakan 'tampilan' lain untuk pembaruan proyek dan dukungan pelanggan," jelas Mail. 

Notion belum mengungkapkan tanggal peluncuran aplikasinya, tetapi Mail akan dirilis pada tahun depan. Untuk mendapatkan akses awal ke aplikasi ini, Anda harus bergabung ke dalam Daftar Tunggu melalui situs resmi Notion.