Seberapa Penting Asuransi Pendidikan Anak? Ini Alasan dan Manfaatnya

YOGYAKARTA – Asuransi pendidikan adalah instrumen keuangan yang dibutuhkan untuk meringankan beban orang tua dalam memenuhi biaya pendidikan anak kelak. Pendidikan sebagai elemen penting harus benar-benar dipersiapkan sejak dini salah satu cara persiapannya adalah dengan asuransi. Akan tetapi tahukah Anda seberapa penting asuransi pendidikan anak?

Seberapa Penting Asuransi Pendidikan Anak

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi pendidikan berguna untuk meringankan beban biaya pendidikan anak di masa depan. Terlebih lagi biaya pendidikan terus mengalami peningkatan dari tahun-ke tahun.

Dikutip dari situs resmi OJK, biaya pendidikan terus naik tiap tahun. Bahkan besaran inflasi pada biaya pendidikan mencapai 10 hingga 15 persen. Selain itu biaya pendidikan juga harus dikeluarkan dalam waktu yang lama dari jenjang setidaknya SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Selain itu asuransi pendidikan juga membantu memberi jaminan agar anak tetap bisa mendapat akses pendidikan yang layak dan memadai meskipun terjadi hal buruk. Hal buruk yang dimaksud seperti orang tua tidak bisa bekerja lagi karena alasan ekonomi, kesehatan, atau kematian.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Pentingnya asuransi pendidikan untuk anak juga tak lepas dari manfaat yang akan didapatkan yakni sebagai berikut.

  1. Keamanan finansial di masa depan

Naiknya biaya pendidikan dari tahun ke tahun tentu akan sangat memberatkan. Asuransi pendidikan mampu memberikan jaminan ketersediaan akses ke pendidikan meski biayanya terus naik. Dengan begitu keuangan yang dialokasikan ke pendidikan anak tetap aman di masa depan.

  1. Membantu menumbuhkan kebiasaan menabung

Secara tidak langsung asuransi pendidikan juga membantu membangun kebiasaan menabung secara teratur dan bertanggung jawab. Membayar premi secara berkala memastikan ada dana stabil untuk pendidikan anak terlepas dari fluktuasi biaya pendidikan yang mungkin terjadi di masa depan.

  1. Lebih tenang saat situasi tidak menentu

Tidak ada yang pernah tau bagaimana situasi di masa depan. Saat itu terjadi, Anda bisa tetap tenang dan tak khawatir memikirkan nasib pendidikan buah hati karena sudah memiliki asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan juga memastikan tujuan pendidikan anak tetap tercapai meski terjadi hal yang tak terduga.

  1. Memberi jaminan akses pendidikan yang memadai

Di tengah kepastian naiknya biaya pendidikan di masa mendatang, orang tua tetap dapat memberikan pendidikan terbaik untuk anak. Jaminan tersebut bisa didapatkan jika orang tua sudah memiliki asuransi pendidikan sesuai kebutuhan. Dengan begitu potensi anak di masa mendatang tetap bisa dimaksimalkan.

  1. Membantu pengelolaan keuangan secara tepat

Secara tidak langsung asuransi pendidikan juga membantu para orang tua mengelola keuangan keluarga dengan tepat. Manfaat ini bisa didapatkan terutama jika orang tua mulai memiliki asuransi pendidikan anak jauh hari. Disarankan untuk para orang tua mengenali jenis asuransi pendidikan anak.

 Selain terkait seberapa penting asuransi pendidikan anak, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.