Jerry Jadi Ketum APJATEL Lagi, Fokus pada Penyederhanaan Regulasi dan Optimalisasi Jaringan

JAKARTA - Jerry Mangasas Swandy kembali dipercaya menjadi Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) untuk periode 2024-2027, dalam Musyawarah Nasional (MUNAS) III APJATEL 2024 di Bogor. 

Dalam visinya, Jerry mengusung tiga program utama untuk mendukung perkembangan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pertama, ia menekankan pentingnya harmonisasi dan simplifikasi regulasi dalam pengadaan jaringan. 

“Nah, kita menggelar jaringan itu kesulitan, baik di kereta api, di hutan, jalan tol jasa marga atau daerah-daerah privat kayak pulau-pulau yang nggak bisa disentuh,” ujar Jerry kepada media, Kamis, 24 Oktober di Bogor. 

Kedua, Jerry akan berfokus pada penataan jaringan utilitas dengan dukungan seluruh pemilik jaringan. Ia mengatakan akan menggelar pertemuan dengan para petinggi untuk membahas pembentukan badan usaha yang mampu menjembatani kolaborasi antar-operator.

Program ketiga adalah optimalisasi pemanfaatan jaringan yang ada. Menurut Jerry, jaringan sepanjang 800 ribu kilometer di Indonesia perlu dioptimalkan. 

"Ini sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja yang mendorong infrastructure sharing," jelasnya. “Optimalisasi ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan jaringan tanpa perlu terus-menerus menambah infrastruktur baru.”

Terakhir, Ia berharap APJATEL dapat terus berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital untuk mendukung teknologi baru demi kemajuan telekomunikasi di Indonesia.