Bagikan:

JAKARTA – Tidak semua orang menyukai tampilan website dalam mode terang karena cahayanya yang menyilaukan. Google menyadari masalah ini sehingga mereka memberikan nuansa baru untuk website Calendar. 

Platform pengelola waktu dan tanggal ini mendapatkan antarmuka baru yang sesuai dengan Material Design 3 dari Google. Selain menambahkan mode gelap, website Calendar juga akan menerima perubahan dari segi kontrol, tipografi, dan ikonografi. 

"Kami memperkenalkan kemampuan untuk beralih antara mode terang, mode gelap, atau opsi tema default perangkat. Ini akan memberi Anda pengalaman menonton yang lebih nyaman dan dapat disesuaikan, serta dapat mengurangi penggunaan baterai," kata Google. 

Untuk mengubah website Google Calendar ke mode gelap, pengguna bisa membuka ikon pengaturan di sudut kanan atas, lalu mengeklik menu Tampilan. Setelah itu, pilih salah satu mode yang diinginkan, ada Terang, Gelap, dan Default Perangkat. 

Sementara itu, untuk bagian kontrol, pengguna akan melihat tombol, dialog, dan bilah sisi yang dibuat lebih modern dan mudah diakses. Tipografi di antarmukanya juga telah diperbarui menggunakan huruf yang dirancang khusus oleh Google.

Harapannya, tipografi ini bisa dibaca dengan mudah. Terakhir, Google juga mengubah ikonografi dengan nuansa yang lebih baru sehingga pengguna bisa melihatnya dengan lebih jelas. Seluruh pembaruan ini mulai diluncurkan pada 23 Oktober.

Seperti biasa, rilis cepat akan memakan waktu lima belas hari. Namun, untuk rilis terjadwal, Google akan memulainya pada 2 Desember. Seluruh pengguna Google Workspace, Workspace Individual, dan akun Google pribadi akan mendapatkan akses ke tampilan baru ini.