7 Varietas Snake Plant yang Bisa Ditanam dengan Media Air

JAKARTA - Tak hanya di media tanah, rupanya tanaman snake plant atau lidah mertua bisa juga tumbuh dengan subur di media air. Kelebihan penanaman snake plant di media air adalah perawatannya yang lebih mudah dan tak ada serangan penyakit busuk akar. Tapi, tak semua jenis tanaman lidah mertua bisa tumbuh subur di air. Hanya beberapa saja. Berikut ulasan varietas snake plant yang bisa ditanam dengan media air dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat, 25 Oktober.

Laurentii

Snake plant jenis Laurentii memiliki daun hijau lebar dengan bagian tengah berwarna hijau tua, tepi berwarna hijau muda, dan bercak-bercak. Untuk menanamnya, tempatkan di lokasi yang menerima sinar matahari tidak langsung selama minimal 4-6 jam per hari.

Sebelum memulai pembiakan di air, ingatlah untuk menggunakan potongan daun yang sehat menggunakan gunting atau pisau yang bersih. Ini akan memastikan bahwa pembiakan di air berhasil.

Moonshine

Tanaman ular moonshine toleran terhadap berbagai kondisi dan sangat tahan terhadap kekeringan. Tanaman ini juga mudah tumbuh di air. Sebaiknya tanam beberapa stek di air jika ada yang gagal atau butuh waktu lama untuk berakar. Selain itu, saat menanam, ganti air seminggu sekali agar stek Anda tetap tumbuh subur.

Futura Robusta

Varietas tanaman lidah mertua ini akan tampak menakjubkan di air karena tidak ada pot yang mengalihkan perhatian Anda dari warna daunnya yang terdiri dari dua warna. Warnanya hijau pucat, ditutupi tanda hijau tua dan juga memiliki tepian gelap. Tanaman ini akan menjadi teman yang bagus di atas meja. Saat pembiakan dilakukan, pastikan hanya 1/4 daun yang terendam dalam air, tidak lebih dari itu.

Long-Leaf Snake Plant

Snake plant ini punya ciri khas yang beda dari yang lain karena bisa terlihat dari daunnya yang panjang dan silindris dengan ujung runcing. Membiakkannya di air cukup mudah, tetapi Anda harus memperhatikan wadahnya. Gunakan vas kristal atau sesuatu yang besar, sehingga daunnya tidak roboh setelah tumbuh besar.

Zeylanica Snake Plant

Jika Anda ingin snake plant jadi pelengkap estetika ruangan di rumah Anda, pilih varietas Zeylanica. Daunnya memiliki warna bayangan hijau tua dengan beberapa tanda pucat, dan tumbuh cukup tinggi. Setiap kali Anda mengganti air, tambahkan sedikit garam Epsom sebab ini akan membantu pertumbuhan akar.

Black Gold

Sansevieria black gold sesuai dengan namanya, memberi Anda warna hijau tua yang tampak hampir hitam pada daunnya, terbungkus oleh pinggiran emas. Ini adalah tanaman ular yang benar-benar cantik. Daunnya seperti kipas dan biasanya tumbuh setinggi sekitar 3-4 kaki. Namun, kemungkinan besar akan tumbuh sedikit lebih pendek.

Sayuri

Anda tidak harus selalu memilih warna gelap untuk jenis snake plant. Anda juga dapat memilih sesuatu yang terang dan damai, seperti tanaman ular Sayuri. Dedaunan varietas ini bergaris-garis abu-abu dan hijau muda, dan tanaman yang sudah dewasa bahkan memiliki tepi putih-perak.

Tentu saja, Anda juga dapat menanam tanaman ini di air, tetapi pilihlah beberapa potongan daun karena ada kemungkinan banyak yang akan kembali ke warna hijau aslinya.