Baku Tembak Tewaskan 19 Anggota Geng di Sinaloa Meksiko, Bos Kartel Ditangkap

JAKARTA - Baku tembak di dekat ibu kota negara bagian Sinaloa, Meksiko, menewaskan 19 anggota geng. Sementara seorang pemimpin kartel lokal ditangkap, kata kementerian pertahanan Meksiko.

Baku tembak mematikan pada Senin, 21 Oktober terjadi di luar ibu kota Sinaloa, Culiacan, ketika sekelompok lebih dari 30 pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah petugas berwenang.

Beberapa orang yang diduga anggota kartel bersenjata melarikan diri dari tempat kejadian setelah agen federal membalas tembakan.

Tahanan tersebut diidentifikasi sebagai Edwin Antonio "N" - nama belakangnya dirahasiakan karena merupakan ciri khas mereka yang dituduh melakukan kejahatan di Meksiko.

Edwin merupakan pemimpin lokal faksi Kartel Sinaloa yang dipimpin oleh salah satu pendiri legendarisnya Ismael "El Mayo" Zambada.

Dokumen tertanggal 22 Oktober dari daftar nasional orang-orang yang ditahan di Meksiko yang diperoleh Reuters, mencantumkan Edwin Antonio Rubio Lopez yang ditangkap oleh personel militer di Sinaloa.

Tujuh kendaraan dan hampir 30 senjata api, termasuk senapan mesin, amunisi serta rompi dan helm bergaya militer juga disita.