10 Kota di Eropa Terbaik dengan Event hingga Atraksi Wisata Gratis

JAKARTA - Eropa dikenal sebagai destinasi liburan yang mahal. Pelancong harus menyiapkan budget besar untuk melihat kekayaan sejarah, menikmati masakan lokal, atau mengunjungi pemandangan indah di negara-negara benua tersebut.

Tetapi, Anda akan terkejut jika mengetahui banyak kota Eropa menawarkan ratusan kegiatan dan acara gratis. Bahkan, banyak yang menawarkan tiket masuk gratis ke tempat-tempat wisata lokal.

Baru-baru ini, sebuah studi telah mencantumkan peringkat kota-kota Eropa terbaik untuk event, aktivitas, hingga atraksi gratis dan banyak lagi.

Jika Anda menghindari ibu kota Inggris sebagai ide liburan kota, karena tingginya biaya akomodasi dan transportasi, ingatlah bahwa biaya pelarian dapat dikurangi jika memilih aktivitas gratis.

Faktanya, London telah mendapatkan peringkat sebagai tujuan teratas di Eropa untuk hal-hal gratis yang dapat dilakukan.

Kota-kota Eropa terbaik untuk aktivitas, acara, dan atraksi gratis.

London hampir selalu mendapatkan tempat dalam peringkat biaya hidup. Menurut konsultan perawatan kesehatan Mercer, pada bulan Juni, kota ini menempati peringkat ke-8 dalam daftar tujuan ekspatriat termahal di dunia.

Peringkat dari New World Health juga menganggap London sebagai salah satu kota termahal. Bahkan indeks biaya hidup Numbeo mengkonfirmasi reputasi London sebagai tempat yang mahal untuk dikunjungi, dengan kenaikan meroket ke posisi kesembilan.

Namun, liburan kota di London dapat menghabiskan sedikit uang jika Anda tidak membeli tiket pesawat. Terutama jika tidak memesan akomodasi cukup awal, itu juga menawarkan banyak kejutan tak terduga, seperti atraksi gratis.

Faktanya, peringkat di seluruh Eropa oleh platform pemesanan persewaan liburan Holidu menempatkan kota teratas dalam daftar dengan hal-hal paling gratis adalah museum. Memang, semua museum yang dioperasikan oleh negara Inggris dapat diakses secara gratis. Misalnya British Museum dan Museum of London.

Tapi bukan hanya itu yang ditawarkan. Analisis mencantumkan 79 kunjungan gratis, bahkan ada lebih banyak di Paris, terutama Madrid. Faktanya, itu adalah wisata yang dapat diakses tanpa mengeluarkan sepeser pun.

Sudah diketahui bahwa musikal di distrik Teater West End tidak dapat diakses oleh semua orang. Tetapi banyak konser dan pertunjukan lainnya yang gratis.

Destinasi Eropa lainnya di mana biaya perjalanan dapat diimbangi dengan sejumlah tamasya gratis seperti Paris, Madrid, Roma, dan Barcelona. Berikut kota-kota Eropa terbaik untuk event, aktivitas, hingga atraksi gratis, seperti dilansir VOI dari laman Travel and Leisure pada Rabu,23 Oktober 2024.

1. London

2. Paris

3. Madrid

4. Roma

5. Barcelona

6. Milan

7. Amsterdam

8. Praha

9. Lisbon

10. Berlin