Sambut Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan, Tim Terjun Payung TNI AL Gelar Latihan
Tim terjun payung dari TNI AL menggelar latihan di Kota Ternate, untuk persiapan pembukaan penyelenggaraan Hari Nusantara 2023, Jumat (8/12/2023). (Dok. ANTARA)

Bagikan:

TERNATE - Tim terjun payung dari TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar latihan di Kota Ternate, Maluku Utara. Adapun tim TNI ini beranggotakan 20 peserta yang dilakukan sebagai persiapan pembukaan penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan pada 10 - 13 Desember.

"Latihan ini dalam rangka persiapan pembukaan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan nanti,"kata Komandan Satuan (Dansat) Kopaska Koarmada III Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory di Ternate, Jumat.

Hari Nusantara 2023 yang dipusatkan di Provinsi Maluku Utara oleh Pemerintah Pusat yang bakal dihelat di Kota Tidore Kepulauan pada 10 - 13 Desember itu dengan mengusung tema "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”.

Dia mengatakan, sebanyak 20 peserta dari TNI AL itu, dua orang di antaranya dari prajurit wanita TNI AL atau Kowal mereka latihan untuk penyegaran.

"Total peserta nanti yang melakukan atraksi di Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan itu sebanyak 35 orang, 20 orang di antaranya TNI AL dan 15 orang dari TNI AU,"ujarnya.

Sementara latihan yang di Kota Ternate itu, puluhan penerjun payung mereka dilepas dari pesawat dari 8000 kaki kemudian mereka mendarat di lapangan Perikanan Bastiong, di Kecamatan Ternate Selatan.

Latihan ini juga mendapat antusias dari puluhan masyarakat setempat yang datang ke kawasan itu, untuk menyaksikan atraksi terjun payung tersebut.

Sementara dalam penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 di Provinsi Maluku Utara ini, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 9 Desember, Mabes TNI AL menyerahkan sebanyak sembilan kapal, satu di antaranya adalah KRI dr Wahidin Sudirohusodo yang akan membuka pelayanan kesehatan gratis selama event nasional itu berlangsung.