Bagikan:

MALUKU - Festival Sail Tidore 2022 akan digelar pada 24-29 November mendatang. Basarnas bakal menerjunkan tim SAR khusus untuk acara yang berlangsung d Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara tersebut.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan, pihaknya telah bersiap menghadapi event itu dengan menjalani latihan di perairan Pantai Tugulufa, Tidore. Sebanyak 95 personel dan satu unit helikopter dikerahkan dalam latihan pada hari ini.

"Selain itu, ada dua unit kapal, KN SAR Wisnu dan KN SAR Pandudewanata, kapal cepat dan alat pendukung lainnya," kata Fathur di Ternate, Maluku, dikutip dari Antara, Rabu 23 November.

Latihan itu juga dalam rangka pengamanan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan hadir pada H-2 acara puncak Festival Sail Tidore 2022. Dalam pengamanannya nanti, turut dilibatkan TNI, Polri, dan unsur dari Pemda.

Di samping itu, latihan juga dalam persiapan menyambut puncak acara pada Sabtu, 26 November 2022. Saat itu, akan dilaksanakan berbagai atraksi atau pertunjukan dalam rangkaian sailing pass di depan podium tamu undangan.

Atraksi tersebut antara lain defile kapal dan perahu yang terdiri dari kapal Kesultanan, kapal nelayan, KRI, Kapal Basarnas dan Kapal Bakamla.

Fathur menyampaikan dalam latihan hari ini juga tersaji demo terjun payung free fall, paramotor dan fly pass dari TNI di Pantai Tugulufa.

Ia menambahkan, selain melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan korban gempa Cianjur, Basarnas bersiap untuk mengikuti Festival Sail Tidore.

Sail Tidore dijadwalkan bakal dihadiri oleh 350 undangan baik dari dalam dan luar negeri yaitu Sail Tidore 2022.