WhatsApp Luncurkan Fitur Pengelolaan Kontak di Perangkat Terhubung

JAKARTA – Sejak awal tahun ini, akun WhatsApp bisa diakses di beberapa perangkat secara bersamaan, baik itu di seluler maupun desktop. Namun, fitur ini tidak mendukung penambahan kontak di perangkat pendukung.

Saat pengguna menyimpan kontak baru di perangkat pendukung, kontak akan tersimpan seperti biasanya. Hanya saja, kontak ini tidak akan muncul di bagian Kontak WhatsApp dan pengguna tidak memiliki opsi untuk melakukan refresh kontrak di perangkat sekunder.

Keterbatasan ini memang diatur oleh WhatsApp. Satu-satunya cara untuk menghubungkan kontak baru di WhatsApp adalah dengan menambahkan kontaknya di perangkat utama. WhatsApp menyadari bahwa hal ini sangat merepotkan sehingga mereka akan mengubahnya.

Mulai Selasa, 22 Oktober, WhatsApp meluncurkan kemampuan baru untuk mengelola kontak dari berbagai perangkat. Pengguna WhatsApp bisa menambahkan kontak di ponsel kedua, aplikasi komputer, maupun situs web WhatsApp.

"Kami mempermudah Anda untuk menambahkan dan mengelola kontak secara pribadi di WhatsApp, dari perangkat apa pun yang Anda gunakan," kata WhatsApp melalui blog resminya. "Nantinya, Anda akan dapat menambahkan dan mengelola kontak dari keyboard Anda di WhatsApp Web dan Windows."

Perlu diingat bahwa kemampuan ini berkaitan dengan perangkat yang dipilih. Artinya, jika penggunaan menyimpan kontak di ponsel kedua, maka kontaknya akan tersimpan di ponsel tersebut. Pengguna masih bisa mengirimkan pesan dari perangkat lain, tetapi kontaknya tidak akan tersimpan secara otomatis. 

Oleh karena itu, jika perangkatnya hilang dan kontaknya dihapus secara permanen, kontaknya akan ikut kehilangan nama. Untuk menghindari masalah ini, WhatsApp juga memperkenalkan fitur baru yang disebut Kontak WhatsApp. 

"Kami juga memperkenalkan pilihan baru untuk menyimpan kontak secara eksklusif di WhatsApp. Kontak WhatsApp ini ideal saat Anda berbagi ponsel dengan orang lain atau jika Anda ingin memisahkan kontak pribadi dan bisnis saat mengelola lebih dari satu akun WhatsApp di ponsel Anda," jelas WhatsApp. 

Platform itu menjelaskan bahwa fitur ini akan membantu pengguna dalam memulihkan kontak saat perangkat mereka hilang atau rusak. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi menyimpan kontaknya satu per satu saat perangkatnya bermasalah.