PVRIS Memasuki Era Baru lewat EP F.I.L.T.H.yang Digarap secara Kolaboratif

JAKARTA - Lyndsey Gunnulfsen, atau yang dikenal dengan moniker PVRIS, memulai perjalanan soniknya dengan merilis EP terbaru, 'F.I.L.T.H.'. Karya ini adalah mixtape yang dikerjakan secara kolaboratif.

Ia membawa misi khusus, karena yang terlibat di project ini adalah musisi, produser, dan engineer rekaman yang datang dari kalangan perempuan, non-binary, dan queer di industri musik.

Mixtape ini juga menampilkan kolaborator seperti LIGHTS, Tommy Genesis, Alice Longyu-Gao, Mothica, Uffie, dan Sizzy Rocket. Setelah menjalani tur sepanjang tahun 2024 di Inggris, beberapa negara di Eropa, dan Amerika, PVRIS siap melakukan apa yang ia lakukan terbaik yaitu kembali merilis lagu-lagu bermakna.

"'F.I.L.T.H.' adalah proyek musik kolaboratif yang aku produksi bersama teman-teman dan rekan tur sebelumnya. Aku ingin membuat proyek kecil di mana beberapa artis perempuan/non-biner bisa masuk ke dunia PVRIS, begitu juga sebaliknya, dengan kebebasan penuh untuk mengendalikan lirik dan musik yang mereka inginkan dan bersenang-senang dengan prosesnya," jelas PVRIS dalam siaran tertulis, 22 Oktober.

"Setiap orang bebas menulis apa yang mereka mau dan menambahkan elemen mereka sendiri (secara harfiah dan figuratif) pada setiap lagu. Semua lagu diciptakan, di-mixing, dan di-master oleh teman-teman perempuan/non-biner dan semuanya ditulis serta diproduksi di apartemenku, lalu diselesaikan di jalan saat tur. Semoga ada lebih banyak waktu untuk membuat lebih banyak lagu... berharap dapat melakukan lebih banyak proyek seperti ini di masa mendatang!"

"Aku merasa hingga titik ini, dalam karier, aku sudah mengikuti ratusan sesi penulisan dan produksi lagu, namun aku hanya bisa mengingat kurang dari 20 di antaranya yang melibatkan penulis lagu perempuan, dan hanya 10 kali pertemuan dengan produser perempuan. Dari label, penerbit, hingga manajemen, sangat sedikit upaya untuk mengadvokasi agar musisi bisa bekerja sama dengan perempuan pada umumnya."

"Bahkan lebih jarang lagi melihat upaya yang sama untuk menghubungkan dan menampilkan hanya perempuan dalam satu ruangan bersama, apalagi tanpa dijadikan komoditas, acara spesial, atau tugas yang harus diselesaikan. Kolaborasi seperti ini seharusnya terjadi secara organik, tanpa peduli siapa yang menyaksikan."

Berikut tracklist ‘F.I.L.T.H.’, EP terbaru PVRIS:

1. BURN THE WITCH (feat. Tommy Genesis and Alice Longyu-Gao)

2. F.I.L.T.H (feat. Uffie and Sizzy Rocket)

3. REPTILIAN (feat. MOTHICA)

4. THE BLOB (feat. LIGHTS)

5. OIL & WATER