8 Cara Melindungi Helai Rambut dari Kerusakan Akibat Klorin

JAKARTA - Sebagai penggemar renang, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara melindungi rambut dari klorin dan mendapatkan kembali helai rambut yang sehat. Paparan jangka panjang terhadap bahan kimia berbahaya seperti klorin dapat mengeringkan dan merusak batang rambut. 

Oleh karena itu, VOI membagikan tips menyelamatkan rambut dan mengembalikan kilau, kesehatan, dan keindahannya. Disadur dari laman PinkVilla, Selasa, 22 Oktober, tips serta kiat ini telah diteliti dengan baik sehingga diharapkan ampuh mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh air kolam yang mengandung klorin.

Gunakan Sampo Penghilang Klorin

Gunakan sampo penghilang klorin atau penjernih yang dirancang khusus untuk menetralkan klorin dan menghilangkan endapan tembaga. Shampo ini efektif mencegah rambut Anda berubah menjadi hijau. Anda dapat menggunakannya secara berkala untuk menjaga kesehatan rambut.

Oleskan Minyak ke Rambut Secara Teratur

Paparan klorin di kolam renang dapat merusak rambut dan membuatnya kering. Sehingga mengoleskan minyak dapat membantu mengembalikan kelembapan dan melindungi rambut Anda. Anda dapat memilih minyak rambut yang disukai, namun, minyak kelapa, argan, kastor, atau almond biasanya sangat efektif untuk kulit kepala.

Gunakan Deep Conditioner

Setelah berenang, oleskan kondisioner pada rambut Anda untuk mengembalikan kelembapan dan memperbaiki kerusakan. Produk kondisioner yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter, minyak kelapa, atau minyak argan harus ditambahkan ke rutinitas perawatan rambut Anda untuk menghidrasi rambut.

Hindari Gaya Rambut Ketat

Kristle Jones, seorang ahli kosmetik berlisensi, mengatakan, “Gaya rambut ketat, seperti kuncir kuda dan sanggul yang disisir ke atas sedang menjadi tren, tetapi gaya rambut ini dapat merusak rambut dalam beberapa hal. Yang pertama adalah ketegangan pada rambut karena menariknya terlalu kencang dapat menyebabkan rambut patah. Seiring berjalannya waktu, Anda juga dapat melihat beberapa rambut rontok akibat gaya rambut ketat. Belum lagi, gaya rambut ketat dapat menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan. Lakukan gaya rambut ini sesekali saja, jangan secara teratur,” ungkap Jones.

Hindari gaya rambut ketat seperti kepang atau ekor kuda saat rambut basah, karena rambut basah lebih rentan patah. Pilih gaya rambut lebih longgar atau biarkan rambut kering dengan sendirinya.

Gaya rambut ketat dapat merusak rambut karena menyebabkan rambut patah, melemahkan batang rambut, dan menyebabkan alopecia traksi, suatu kondisi di mana ketegangan yang berkepanjangan menarik rambut hingga ke akarnya. Selain itu, gaya rambut ini dapat menyebabkan iritasi kulit kepala dan sakit kepala karena tarikan yang terus-menerus.

Batasi Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari terlalu lama juga dapat merusak rambut. Pertimbangkan mengenakan topi bertepi lebar atau topi renang dengan perlindungan UV jika Anda berencana menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari.

Potong Rambut Secara Teratur

Selain melakukan perawatan-perawatan di atas, Anda juga bisa memangkas sedikit rambut bagian bawah. Pemangkasan rutin dapat membantu menghilangkan ujung rambut yang rusak dan menjaga rambut Anda tetap tampak sehat.

Jaga Pola Makan Sehat

Konsumsi air dalam jumlah yang cukup dan makan makanan seimbang dengan vitamin penting seperti A, C, dan E, mineral seperti biotin, seng, dan asam lemak omega-3, karena semuanya dapat berkontribusi pada kesehatan rambut Anda secara keseluruhan.

Lindungi Rambut yang Diwarnai

Jika Anda memiliki rambut yang diwarnai, lebih penting lagi melindunginya dari paparan klorin dan sinar matahari. Pertimbangkan menggunakan sampo dan kondisioner khusus renang untuk rambut yang diwarnai.