Sabalenka Geser Iga Swiatek dari Peringkat 1 Dunia

JAKARTA – Juara US Open 2024, Aryna Sabalenka, naik ke posisi pertama dalam ranking WTA terbaru untuk menggeser Iga Swiatek yang memimpin selama 11 bulan.

Petenis Belarusia yang juga mempertahankan gelar Australia Open pada Januari 2024 itu menduduki puncak peringkat untuk kedua kalinya setelah bertahan selama delapan minggu antara September dan November 2023.

"Ya, peringkatnya sangat ketat saat ini. Senang sekali melihatnya," kata Sabalenka, seperti dikutip dari laman resmi WTA.

Dilansir dari BBC Sport, Swiatek yang berasal dari Polandia turun ke posisi kedua setelah diberi penalti poin karena gagal berkompetisi dalam enam ajang wajib WTA 500.

Pemain berusia 23 tahun itu, yang menunjuk pelatih baru pada awal bulan ini, belum bermain sejak US Open pada September 2024. Dia memutuskan untuk melewatkan tur Asia karena kelelahan.

Swiatek sebenarnya telah memimpin peringkat dengan lebih dari 4 ribu poin setelah memenangi lima gelar dalam enam bulan pertama musim ini.

Akan tetapi, Sabalenka yang berusia 26 tahun perlahan-lahan mulai menyalipnya di paruh kedua tahun ini.

Sabalenka mencapai prestasi ini setelah tercatat memenangi gelar di Cincinnati dan Wuhan serta kemenangan penting di Flushing Meadows.

Kesempatan berikutnya bagi Swiatek untuk kembali ke nomor satu adalah WTA Finals penutup musim bulan depan di Riyadh, Arab Saudi.