Bagikan:

JAKARTA – Petenis asal Amerika Serikat, Jessica Pegula, akan bertemu dengan petenis nomor dua dunia asal Belarusia, Aryna Sabalenka, di final US Open 2024.

Pegula mencapai final setelah berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan wakil Republik Ceska, Karolina Muchova, dengan skor 1-6, 6-4, dan 6-2 pada Jumat, 6 September 2024, siang WIB.

Ini merupakan final pertama petenis tuan rumah yang menempati peringkat keenam dunia tersebut di Grand Slam. Perjalanan terjauh dia sebelumnya di ajang serupa adalah babak perempat final.

Pegula tercatat sudah kalah lima kali dalam perempat final Grand Slam sebelumnya. Perinciannya, Australia Open 2021, 2022, dan 2023, lalu Perancis Open 2022, serta Wimbledon 2023.

Ia kemudian mengalahkan petenis nomor satu dunia Iga Swiatek di perempat final pada Kamis, 5 September 2024, untuk mengukir catatan terbaiknya di Grand Slam dan melanjutkannya dengan kemenangan atas Muchova.

"Dia bermain luar biasa dan membuat saya terlihat seperti pemula. Saya hampir menangis karena itu memalukan. Dia menghancurkan saya. Saya tidak tahu bagaimana saya bisa membalikkan keadaan," ujar Pegula usai laga dilansir BBC Sport.

Sementara itu, Sabalenka, yang menjadi runner-up US Open 2023, melaju ke final tahun ini usai mengamankan kemenangan 6-3 dan 7-6 (7-2) atas petenis tuan rumah lainnya, Emma Navarro.

Sabalenka yang bermain pada US Open 2024 di bawah bandera netral adalah petenis putri pertama yang mencapai final tunggal beruntun di Flushing Meadows sejak Serena Williams pada 2018 dan 2019.

Pertandingan final ini tentunya akan menjadi tantangan berat buat Sabalenka. Walaupun dia unggul dalam peringkat dunia dan salah satu jagoan di lapangan keras, Pegula bakal mendapat dukungan penuh penonton tuan rumah.

Akan tetapi, Sabalenka memiliki pengalaman lebih di partai pemungkas. Ia tercatat sudah punya dua gelar Grand Slam di Australia Open, yang dimenanginya pada 2023 dan 2024.