Mobil Ferrari F1 Terakhir Michael Schumacher Masuk Lelang RM Sotheby's

JAKARTA - Rumah lelang ternama dari Kanada, RM Sotheby kembali akan menggelar pelelangan barang atau kendaraan bersejarah. Kini, barang yang masuk ke daftar bukanlah kendaraan biasa.

Satu unit Ferrari 248 F1 yang pernah dikemudikan oleh legenda hidup Michael Schumacher akan dilelang. Hal menariknya adalah jet darat ini dikendarai oleh ‘Schumi’ di musim terakhirnya bersama Ferrari pada tahun 2006 lalu, sebelum memutuskan pensiun dari dunia balap.

Melansir dari laman RM Sotheby, Selasa, 22 Oktober, mobil yang dirancang oleh desainer andal Aldo Costa ini tetap mempertahankan sejumlah elemen dari sebelumnya, F2005. Unsur yang dipertahankan mencakup dimensi eksternal hingga wheelbase.

Namun, 248 F1 memiliki elemen yang ditingkatkan seperti aerodinamis pada pod samping, deflektor, penutup mesin, diffuser, dan bagian floor sehingga membuatnya memiliki performa lebih prima dibandingkan dengan F2005.

Lebih lanjut, 248 F1 merupakan mobil Ferrari bermesin V8 pertama yang berkompetisi di Formula 1 era modern. Berbekal mesin Type-056 V8 naturally-aspirated, jet darat ini dapat meledakkan tenaga mencapai 785 dk digabungkan dengan transmisi longitudinal gearbox limited-slip tujuh percepatan.

Mobil ini melakoni debutnya di lintasan pada 4 April 2006 di sirkuit Autodromo Vallelunga, Italia yang dikendarai oleh test driver Ferrari kala itu, Luca Badoer. Kemudian, 248 F1 melakoni tes pramusim dengan Michael Schumacher dan Felipe Massa dibalik kemudi.

Selama tes pramusim, 248 F1 berhasil menempuh total jarak sekitar 3.900 km. Mobil yang dilelang dengan kode sasis 254 melakoni debutnya pada putaran keempat kejuaraan 2006 di Imola, tepatnya San Marino Grand Prix.

Dalam balapan tersebut, Schumi berhasil meraih pole position di kualifikasi dan menerjemahkannya menjadi kemenangan.

Selama musim berjalan, Michael Schumacher telah memenangkan sebanyak tujuh kali Grand Prix, 11 podium, tiga kali pole, dan empat kali fastest lap dengan mobil ini.

Sayangnya, harapan bagi Schumi untuk meraih gelar juara dunia ke-8 pupus setelah ia mengalami kegagalan mesin di Jepang dan harus puas finish di posisi 4 pada balapan terakhir di Brasil dan berada di posisi dua klasemen akhir terpaut 13 poin dari Fernando Alonso.

RM Sotheby belum ungkapkan perkiraan harga untuk 248 F1. Mengingat mobil ini memiliki sejarah besar bagi legenda dari Jerman, harganya tentu akan ditawarkan selangit. Penawaran akan dibuka pada tanggal 14 November mendatang.