Android 15 Lebih Menonjol Dibandingkan iOS 18 Berkat Dua Fitur Ini

JAKARTA – iOS 18 telah diluncurkan pada pertengahan September lalu dengan berbagai fitur Kecerdasan Buatan (AI). Meski peningkatannya sudah cukup canggih, OS ini masih tertinggal dari pembaruan Android 15.

Sesuai dengan janji Apple, iOS 18 menghadirkan banyak perubahan dan menjadi peningkatan OS terbaik sejauh ini. Pasalnya, di pembaruan kali ini, sejumlah perangkat Apple akan mendapatkan dukungan RCS, Safari yang dapat menghapus elemen mengganggu, dan lainnya.

Sayangnya, beberapa fitur baru di iOS 18 sudah dimiliki Android 15 dan pembaruannya dari Google justru lebih fokus pada keamanan pengguna. Berikut ini beberapa fitur yang membuat Android 15 lebih unggul dibandingkan dengan iOS 18, dilansir dari Android Police.

Pengamanan Tingkat Tinggi dari Pencuri

Perangkat buatan Apple dikenal dengan keamanan tingkat tinggi dan Google berusaha mengejarnya. Dalam beberapa tahun terakhir, Google fokus dalam mengembangkan alat pendeteksi malware dan penipuan berbasis AI hingga akhirnya meluncurkan alat deteksi pencurian. 

Ini merupakan fitur yang sangat menonjol di Android 15 yang mencakup tiga alat, yaitu Theft Detection Lock, Remote Lock, dan Offline Device Lock. Jika dibandingkan dengan Kunci Aktivasi Apple dan Find My di iOS, keduanya tidak sebanding dengan fitur baru Android.

Seperti Theft Detection Lock misalnya. Alat ini dirancang menggunakan AI, Mesin Pembelajaran (ML), dan sensor gerakan yang dapat mengidentifikasi tindakan perampasan. Dengan gabungan tiga teknologi ini, Theft Detection Lock bisa langsung mengunci perangkat saat ada tindakan pencurian.

Rekam Khusus Satu Aplikasi

Fitur berikutnya yang membuat Android lebih menonjol dibandingkan iOS di tahun ini adalah fitur perekaman layar yang ditingkatkan. Hampir seluruh ponsel bisa melakukan perekaman layar, tetapi tidak ada sistem perekaman layar khusus untuk satu aplikasi.

Di Android 15, pengguna bisa melakukannya. Saat perekaman layar khusus satu aplikasi diaktifkan, perangkat hanya merekam layar yang dipilih. Ketika pengguna beralih aplikasi atau muncul notifikasi yang tidak diinginkan, perangkat akan tetap fokus pada satu aplikasi.