Android 15 Mulai Diluncurkan: Update untuk Berbagai Brand Segera Hadir

JAKARTA – Setelah mengalami sedikit keterlambatan, Android 15 kini resmi diluncurkan untuk perangkat Pixel dengan pembaruan bulanan terbaru. Tidak hanya itu, merek-merek lain juga mulai membuka pintu untuk peluncuran pembaruan Android 15 di perangkat mereka.

Google pertama kali merilis Android 15 di AOSP pada bulan September, tetapi peluncurannya untuk perangkat Pixel baru dimulai minggu ini. Dengan dimulainya peluncuran tersebut, pembaruan Android 15 untuk perangkat non-Pixel kini juga mulai menyusul.

Motorola sudah mulai meluncurkan Android 15 untuk Edge 50 Fusion, meskipun masih dalam bentuk beta, yang dibarengi dengan pembaruan keamanan Oktober 2024. Daftar awal perangkat Motorola yang akan mendapatkan pembaruan ini terungkap minggu lalu, tetapi belum ada jadwal resmi dari pihak Motorola.

Sementara itu, Asus baru saja mengumumkan program pratinjau untuk perangkat ROG Phone 8 minggu ini, memberikan pengguna kesempatan untuk mencoba Android 15 lebih awal.

Sebelumnya, Vivo telah mengumumkan rencana peluncuran Android 15 beberapa minggu lalu, dengan perangkat seperti Vivo X Fold 3 Pro, Vivo X100, dan iQOO 12 yang akan segera mendapatkan pembaruan.

Pada Kamis 17 Oktober, Oppo juga diharapkan akan mengumumkan rincian lebih lanjut terkait pembaruan Android 15. Di sisi lain, OnePlus juga diperkirakan akan memberikan informasi tentang OxygenOS 15 yang berbasis Android 15 dalam waktu dekat, setelah adanya beberapa teaser online.

Namun, satu pengecualian besar adalah Samsung, yang mengonfirmasi bahwa peluncuran One UI 7, yang berbasis Android 15, akan tertunda hingga tahun 2025.