Sebelum Meninggal Dunia, Liam Payne Punya Riwayat Masalah Kesehatan Mental

JAKARTA - Eks anggota One Direction, Liam Payne meninggal dunia usai jatuh dari lantai 3 hotel di Buenos Aires, Argentina, pada Rabu, 16 Oktober 2024, waktu setempat. Ia diduga terjatuh dan meninggal dunia dalam pengaruh obat-obatan serta alkohol.

Mengenai kondisi kesehatan Liam Payne memang sudah menjadi sorotan beberapa tahun terakhir, termasuk tentang kecanduannya dengan alkohol dan narkoba. Pada wawancara bersama Men’s Health Australia 2019 lalu, Payne mengatakan ketenaran yang ia miliki terkadang sulit dihadapi dan mengatasi hal tersebut dengan alkohol.

Musisi yang meninggal di usia 31 tahun itu juga pernah terbuka akan keinginannya untuk mengakhiri hidup di masa kecanduan narkoba. Namun, ia berusaha untuk memperbaiki diri dan melakukan rehabilitasi.

Mengutip laman Hollywoodlife, pada Juli 2023 lalu Liam Payne pernah mengungkap kondisi kesehatan mental dan proses pemulihan dirinya. Ia mengumumkan lewat video YouTube bahwa sedang merayakan masa ketenangannya dengan menghabiskan waktu 100 hari di fasilitas rehabilitasi di Louisiana.

“Aku hanya merasa seperti aku punya kendali yang lebih besar terhadap kehidupan dan segala sesuatu yang menjauh dariku. Aku hanya merasa aku lebih bisa mengendalikannya,” kata Liam Payne saat itu.

Selain masalah kesehatan mental, kecanduan alkohol dan narkoba, Liam Payne juga memiliki riwayat infeksi ginjal yang parah. Pada September 2023, ia mengumumkan harus rehat usai infeksi ginjal yang dialami semakin parah ketika ia berlibur di Italia.

Keadaan Liam Payne tersebut membuatnya harus membatalkan tur konsernya di Amerika Latin karena harus menjalani serangkaian pengobatan dan istirahat total. Saat itu ia meminta maaf pada penggemar dan berjanji untuk pulih agar bisa segera mengatur ulang jadwal konsernya.

Sementara itu, penyebab kematian Payne disebutkan karena cedera serius yang dialaminya usai terjatuh. Pihak kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan kenapa Liam Payne bisa terjatuh dari lantai tiga hotel yang ia sewa.

Sebelum meninggal dunia, Payne memang sedang menikmati liburan di kawasan Palermo di Buenos Aires. Ia bahkan sempat membagikan momen liburannya itu di Snapchat.