Abu Dhabi Akan Dirikan LED Raksasa Sphere Kedua di Dunia

JAKARTA – Sphere Entertainment berkolaborasi dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (DCT) Abu Dhabi untuk mendirikan Sphere kedua di dunia. LED raksasa ini akan dibangun di ibu kota Uni Emirat Arab.

Melalui kemitraan ini, Sphere ingin menghadirkan media hiburan generasi terbaru di Abu Dhabi. Harapannya, teknologi berbentuk bola ini dapat meningkatkan hiburan bagi penduduk dan menarik lebih banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia. 

"Sphere mendefinisikan ulang hiburan langsung dan memperluas jangkauan dampak transformatifnya. Kami bangga dapat berkolaborasi dengan DCT Abu Dhabi untuk mengembangkan Sphere di kota mereka," ungkap Ketua Eksekutif dan CEO Sphere Entertainment James L. Dolan. 

Sementara itu, Ketua DCT Abu Dhabi H.E. Mohamed Khalifa Al Mubarak menjelaskan bahwa Sphere kedua ini akan menggunakan teknologi canggih. Sphere akan mendukung Abu Dhabi sebagai pusat budaya dan inovasi pada tahun 2030.

"Dengan merangkul hiburan mutakhir seperti Sphere, kami tidak hanya meningkatkan profil global kami, tetapi juga menetapkan standar baru dalam pengalaman yang mendalam dan sajian budaya," jelas Mohammed.

Sphere pertama mendapatkan banyak perhatian sejak pertama kali didirikan, bahkan mendapatkan pengakuan dunia sejak September tahun lalu. Bangun berkapasitas 20.000 orang ini sering digunakan untuk mempromosikan brand atau artis besar melalui teknologi LED yang dipasang di luar bangunan. 

Sphere kedua akan dibangun berdasarkan desain, teknologi, dan kekayaan intekektual Sphere Entertainment sehingga Abu Dhabi akan membayar biaya inisiasi waralaba. Setelah pembangunan bola LED raksasa ini selesai, Abu Dhabi akan membayar biaya tahunan untuk konten kreatif dan artistik yang dilisensikan oleh Sphere Entertainment.