Tren Kopi Kayu Manis yang Viral di Media Sosial, Ampuh Turunkan Berat Badan?

JAKARTA - Saat ini, tren kopi kayu manis menjadi viral di media sosial. Banyak orang yang menikmati dan mengikuti tren kopi kayu manis. Mereka mencoba mengikuti tren ini dengan harapan bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Dilansir dari laman New York Post, cara mengikuti tren ini Anda hanya perlu menambahkan satu sendok teh kayu manis ke dalam minuman kopi. Lalu, tambahkan cokelat bubuk untuk membantu membakar lemak.

Kayu manis terbuat dari kulit bagian dalam pohon kayu manis, terbagi dua jenis, yakni Cassia dan Ceylon. Kayu manis Cassia bisa digunakan di antara dua jenis tersebut, dengan rasa pahit dan kadar cinnataldehyde yang lebih tinggi, senyawa yang memberikan aroma khas.

Berdasarkan tinjauan ilmiah dari studi penurunan berat badan berpusat pada kayu manis-sentris, ditemukan ketika partisipan menggunakan kayu manis sebagai suplemen, mereka kehilangan rata-rata 1,48 pon (0,67 kilogram).

Praktik ini dilakukan selama 2-6 bulan dengan responden yang menambahkan bubuk maupun ekstrak kayu manis. Penelitian ini berfokus pada orang-orang dari Timur Tengah dan India.

Dalam mengeksplorasi penurunan berat badan, penelitian menunjukkan kayu manis memungkinkan glukosa darah untuk memasuki sel-sel tubuh lebih cepat. Hal ini dapat menurunkan gula darah dan membuat insulin bekerja lebih efektif.

Kayu manis juga telah terbukti membantu menurunkan risiko diabetes. Sebuah studi juga menemukan kayu manis dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan meningkatkan perasaan kenyang dengan memperlambat laju di mana makanan bergerak dari lambung ke usus kecil.

Kara Collier, ahli gizi dan diet terdaftar serta salah satu pendiri dan Wakil Presiden Kesehatan di Nutrisense mengatakan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antimikroba.

"Meskipun lebih banyak penelitian manusia diperlukan untuk menentukan tingkat penuh manfaat dari rempah-rempah ini," ujar Kara Collier.

Kopi, kayu manis dan kakao membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan empat cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan lemak tubuh sekitar 4%. Kakao mengandung kadar serat yang relatif tinggi, sehingga meningkatkan perasaan kenyang dan membantu tubuh dalam menjaga berat badan yang sehat.

Bahaya dari kayu manis

Walau kayu manis adalah bahan utama dalam banyak hidangan karena manis dan gurih, tetapi menimbulkan potensi risiko kesehatan.

Sepanjang tahun ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah mengeluarkan tiga peringatan mengenai kontaminasi timbal dan logam berat lainnya dalam bubuk kemasan kayu manis yang dijual di gerai populer.

Kontaminasi timbal dapat terjadi jika pohon kayu manis tumbuh di tanah atau air mengandung timbal. Dalam beberapa kasus, timbal berasal dari proses manufaktur, penyimpanan atau pengiriman kayu manis. Ada pun timbal dicampurkan ke alam kayu manis untuk meningkatkan warna atau berat.

Kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi tidak ada kemungkinan terdapat efek samping. Setelah mengonsumsi kayu manis, beberapa orang mengalami nyeri gastrointestinal dan/atau reaksi alergi.

Bahan aktif dalam kayu manis yakni coumarin, senyawa kimia yang dapat menyebabkan kerusakan hati dalam dosis tinggi. Kayu manis Cassia mengandung 1% coumarin, sementara kadar kayu manis Ceylon jauh lebih sedikit, sekitar 0,004%.