Bagikan:

JAKARTA - Pantai Plengkung atau terkenal dengan nama G-Land merupakan salah satu wisata pantai yang disukai para peselancar dunia. Pantai ini terletak di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai G-Land disukai oleh para peselancar karena memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Mengutip laman Indonesia Travel, pantai ini dipuja oleh banyak peselancar di seluruh dunia, sehingga masuk dalam daftar “Tujuh Keajaiban Ombak Raksasa”.

Besarnya ombak G-Land karena adanya arus Antartika, yang terbawa oleh Samudera Hindia. Periode terbaik ombak di pantai ini sekitar bulan Juli hingga September.

Ombak pantai ini dapat mencapai 7 gulungan dalam sekali hempasan. Tinggi ombak pada pantai ini dapat mencapai 6 sampai 8 meter.

Hal yang membuat ombak G-Land unik adalah ombaknya dapat pecah setelah 1 hingga 2 km. Ombak tersebut bergulung dari timur ke barat dengan ketinggian mencapai 4 hingga 6 meter, dengan interval waktu sekitar 5 menit.

Jenis ombak itu sangat disukai di kalangan peselancar karena mereka dapat menikmati lorong panjang yang mendebarkan. Dengan demikian, tidak mengherankan jika pantai ini menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan selancar internasional.

Berkat ombaknya, pantai ini sudah menjadi tempat ajang lomba selancar dunia. Mulai dari World Surfing League, Championship Tour, Banyuwangi G-Land International Team Challange, hingga Da Hui Pro Surfing World Championship.