Google Permudah Perlindungan Data Jika Ponsel Dicuri dengan Fitur Anti-Pencurian Baru

JAKARTA - Google dilaporkan sedang merilis pembaruan fitur ke beberapa ponsel Android dengan menambahkan fungsi anti-pencurian seperti Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock.

Meskipun Remote Lock sudah tersedia sebelumnya bagi banyak pengguna Android, Theft Detection Lock dan Offline Device Lock adalah fitur baru yang diumumkan pada Mei lalu dan dirancang untuk meningkatkan keamanan data.

Theft Detection Lock merupakan fitur paling canggih di antara semuanya. Fitur ini menggunakan AI dan sensor ponsel untuk mendeteksi gerakan umum yang berkaitan dengan pencurian.

Misalnya, jika seseorang menarik ponsel dari tangan Anda dan mulai berlari, atau jika gerakan terdeteksi saat menggunakan sepeda atau mobil. Ponsel akan secara otomatis terkunci dan memblokir akses ke semua aplikasi serta data Anda.

Sementara itu, Offline Device Lock akan mengunci perangkat ketika pencuri mencoba menjaga ponsel tetap terputus dari jaringan untuk jangka waktu yang lama.

Remote Lock memungkinkan Anda mengunci ponsel dari jarak jauh hanya dengan menggunakan nomor telepon, jika fitur Find My Device dimatikan atau Anda tidak bisa masuk ke akun Google untuk melakukannya sendiri.

Hingga saat ini, belum jelas ponsel mana saja yang menerima pembaruan fitur baru ini. Namun, Anda dapat memeriksa apakah Google Play Services di ponsel Anda sudah dalam versi terbaru untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut.