NASA dan SpaceX Akan Luncurkan Misi Europa Clipper Hari Ini

JAKARTA – NASA telah menetapkan jendela peluncuran terbaru untuk wahana antariksa Europa Clipper. Misi penjelajahan Europa, bulan dari Jupiter, ini rencananya akan diluncurkan pada Senin, 14 Oktober.

Menurut jadwal yang dirilis di situs resmi NASA, wahana ini akan terbang menggunakan roket Falcon Heavy milik SpaceX pada pukul 23.06 WIB. Pesawat ini akan lepas landas dari Kennedy Space Center, salah satu fasilitas peluncuran milik NASA, di Florida. 

Jika Europa Clipper gagal diluncurkan karena masalah teknis atau kondisi cuaca, jendela peluncuran akan dibuka hingga 6 November. Setelah wahana ini ditempatkan di orbit, Europa Clipper akan mendekat ke Jupiter dan mulai mengorbit pada 2030.

Satu tahun setelahnya, Europa Clipper akan melakukan 49 penerbangan lintas Europa untuk mengamati bulan tersebut. Selama mengitari Europa, wahana antariksa ini akan mencari tahu apakah bulan tersebut memiliki bahan-bahan organik pembentuk kehidupan. 

"Tiga tujuan sains utama Europa Clipper adalah menentukan ketebalan lapisan es bulan tersebut dan interaksinya dengan lautan di bawahnya, menyelidiki komposisinya, dan mengkarakterisasi geologinya," ungkap NASA. 

Europa Clipper seharusnya diluncurkan pada 10 Oktober lalu, tetapi jadwal peluncurannya ditunda karena Badai Milton yang terjadi di Florida. Badai ini bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi, yaitu 281km per jam, sehingga NASA dan SpaceX perlu mengamankan wahananya.

Tim telah memastikan bahwa landasan peluncuran dan wahananya tidak mengalami kerusakan sehingga jadwal peluncuran terbaru bisa dibuat dengan cepat. Untuk memastikan peluncurannya berjalan dengan lancar, NASA masih mengamati kondisi cuaca hingga saat ini.