D'Masiv Suguhkan Lagu-Lagu Melankolis di Festival Literasi Maluku Utara

JAKARTA - Dikenal dengan lagu-lagunya yang melankolis, D’Masiv sukses membuat suasana syahdu saa tampil di malam puncak Festival Literasi Malut pada Sabtu, 12 Oktober malam. Bertempat di Bundaran Sofifi, acara tersebut dihadiri ribuan warga yang menanti aksi Rian dkk.

Pada gelaran Puncak Festival Literasi Tahun 2024, pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menghadirkan Rian D’Masiv dan kawan-kawan yang menghipnotis ribuan warga Maluku Utara dengan 11 tembang andalan.

Melansir ANTARA, beberapa lagu hits yang dibawakan seperti "Jangan Menyerah", "Cinta Ini Membunuhku" dan "Cinta Sampai Di sini", membuat warga Maluku Utara hanyut dalam alunan melankolis lagu tersebut.

Di tengah acara, secara spesial Rian D’Masiv mengundang tamu kehormatan yaitu Pj Gubernur beserta istri, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan beserta istri untuk naik ke atas panggung dan membawakan lagu Selamat Ulang Tahun sekaligus persembahan khusus untuk HUT ke-25 Provinsi Maluku Utara.

Pada sambutan, Pj Gubernur berharap Festival Literasi ini dapat dilaksanakan secara keberlanjutan sebagai manifestasi Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam rangka upaya pembelajaran dan pengembangan potensi masyarakat khususnya anak-anak yang dapat dipergunakan bekal kecakapan hidup ke depan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara, Muliadi Tutupoho dihubungi, Minggu, mengatakan bahwa tujuan utama diselenggarakannya festival literasi adalah sebagai sarana meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Maluku Utara.

Festival Literasi merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-25 Provinsi Maluku Utara. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 7 dan puncaknya pada tanggal 11 Oktober 2024.

"Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Maluku Utara pada tahun 2023 tercatat 65 poin, masih sedikit dibawah dari Indeks Pembangunan Literasi Nasional sebesar 66,77, semoga di tahun depan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Malut sudah jauh di atas rata-rata nasional," harapnya.

Untuk itu, pihaknya apresiasi kepada jajaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan atas terselenggaranya Festival Literasi hingga Malam Puncak ini, yang dibuka oleh Pj Gubernur Samsuddin Abdul Kadir.

Dengan mengambil tema ‘Maluku Utara Cerdas dan Berbudaya Menuju Indonesia Emas’ menjadi tema adaptif dan realistis untuk meningkatkan minat masyarakat khususnya anak-anak untuk gemar membaca, ujar Samsuddin.

Dalam acara juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba literasi, antara lain Lomba Bakar Ikan, Senam Literasi, Lomba Terompah, Lomba Bertutur serta ASN yang telah berhasil menulis buku.