Alat Moderasi Instagram dan Threads Bekerja dengan Buruk

JAKARTA – Threads, platform yang tersinkron dengan Instagram, dikritik oleh para penggunanya karena masalah moderasi konten. Bahkan, topik 'Kegagalan Moderasi Threads' menjadi tren selama 24 jam terakhir. 

Keluhan ini muncul karena Threads membatasi dan menghapus akun yang membagikan artikel dengan topik kontroversial. Padahal, banyak pengguna yang hanya ingin membagikan informasi ke pengguna lain, tetapi akun mereka menjadi bermasalah.

Salah satu pengguna yang mengeluhkan masalah ini adalah Konsultan Media Sosial Matt Navarra. Melalui akun pribadinya, Matt menjelaskan bahwa aktivitas akunnya dibatasi setelah membuat thread mengenai 'Good bye Meta AI' dengan menautkan artikel BBC.

"(alat) pemeriksa fakta mengatakan postingan saya mengandung informasi palsu. Sekarang, akun saya dan semua postingan saya akan diturunkan di feed dan tidak akan ditampilkan kepada yang bukan pengikut. Banding saya ditolak," jelas Matt. 

Instagram melakukan hal yang sedikit berbeda. Umar Shakir, Penulis di The Verge, menjelaskan bahwa akunnya dinonaktifkan oleh Meta karena masalah usia. Menurut Meta, akun tersebut dimiliki oleh anak berusia di bawah 13 tahun. Meski mengajukan banding, Meta masih bersikeras. 

"Meta memberi saya waktu 30 hari untuk mengajukan banding sebelum akun tersebut dinonaktifkan secara permanen, dengan meminta saya untuk mengunggah salinan identitas negara," jelasnya. "Setelah ditinjau, Meta bersikeras bahwa saya masih di bawah umur." 

Dengan banyaknya keluhan mengenai cara Threads dan Instagram dalam memoderasi konten, Kepala Instagram Adam Mosseri akhirnya memberikan respons. Pejabat Instagram itu membalas beberapa keluhan dan mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan penyelidikan.